Awas, Hipertensi Tingkatkan Risiko Alzheimer

Ilustrasi hipertensi.
Sumber :
  • Pixabay/stevepb

VIVA – Sudah banyak penelitian yang menunjukkan hubungan antara hipertensi dan penyakit Alzheimer. Pada 2013, sebuah penelitian menemukan bahwa orang lanjut usia yang juga memiliki tekanan darah tinggi atau hipertensi cenderung memiliki risiko penyakit Alzheimer lebih besar. Penyakit ini dikenal sebagai pikun, salah satu jenis demensia yang tersering ditemukan.

Selain itu, penelitian lain juga menunjukkan bahwa memiliki hipertensi di usia muda bisa meningkatkan risiko demensia di usia tua, terutama demensia vaskular. Sebenarnya, apa sih hubungan antara keduanya? Berikut penjelasan lengkapnya, dikutip dari portal Alzheimer's Society.

Hubungan hipertensi dengan penyakit alzheimer

Meskipun ada sejumlah penelitian yang menunjukkan bahwa konsumsi obat hipertensi bisa menurunkan risiko penyakit Alzheimer, tetapi hipertensi sendiri bisa meningkatkan risiko penyakit Alzheimer.

Data dari World Alzheimer Report tahun 2014 menyatakan, sejumlah penelitian yang dilakukan pada kelompok orang berusia 15-40 tahun menunjukkan mereka memiliki risiko terkena demensia vaskular di usia tua.

BACA SELENGKAPNYA