Sering Terlambat Menstruasi saat Bepergian, Apa Alasannya?

Ilustrasi traveling
Sumber :
  • Pixabay/SplitShire

VIVA – Geng Sehat, pernah enggak sih ketika sedang bepergian, Kamu menyadari kalau ternyata jadwal menstruasimu berubah menjadi tidak sesuai dengan yang seharusnya? Misalnya, Kamu sudah yakin akan menstruasi pada tanggal rencana perjalananmu dimulai.

Kamu pun sudah mempersiapkan segala 'peralatan perang', mulai dari pembalut, tampon, bahkan obat pereda nyeri. Eh, ternyata pada tanggal yang diperkirakan Kamu tidak kunjung menstruasi. Alhasil, Kamu kepikiran deh selama liburan kenapa jadwal menstruasimu menjadi terlambat. Apa jangan-jangan karena ada gangguan dalam tubuhmu?

Nah, jika Kamu adalah salah satu yang pernah mengalami kondisi ini, tenang saja Gengs. Kamu enggak perlu terlalu khawatir karena hal ini memang wajar terjadi, kok. Dilansir dari Self, ada beberapa hal yang memicu terjadinya perubahan siklus menstruasi saat Kamu bepergian.

1. Perubahan Ritme Sirkadian

Tubuh memiliki jam biologis yang dipengaruhi oleh cahaya matahari. Jam biologis ini sering disebut dengan ritme sirkadian. Perjalanan jauh yang memakan waktu lama membuat tubuh terpaksa harus secepat mungkin menyesuaikan diri dengan zona waktu setempat. Kondisi ini sering kita artikan dengan jet lag. Jet lag membuat siklus tidur menjadi berantakan dan akhirnya ritme sirkadian tubuh pun ikut berubah. (zo)

BACA SELENGKAPNYA