Lansia Rentan Terserang Penyakit, Ini Saran Dokter

Puasa lansia.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Tinggal bersama orangtua atau lansia selama pandemi virus corona yang bersamaan dengan puasa Ramadan tentu memerlukan perhatian dan perawatan yang khusus. Pasalnya lansia adalah generasi yang rentan untuk terinfeksi virus yang menyerang saluran pernapasan ini.

Virus sebenarnya dapat dibasmi dengan imunitas tubuh yang baik. Hanya saja, meningkatkan imunitas pada kelompok lansia butuh cara yang aman dan tepat.

"Kalau lansia stres, proses penuaan sistem imunitas lebih cepat. Jadi mudah sakit dan sakitnya lebih parah," ujar spesialis penyakit dalam, dr Suzy SpPD, dalam acara Hidup Sehat di tvOne, Senin, 18 Mei 2020.

Pencegahan stres, kata Suzy, dapat dilakukan dengan membentuk lingkungan yang baik seperti memberi ruang untuk lansia menjalankan hobi, mendukung kegiatannya, serta mengingatkan untuk berjemur terkena sinar matahari. Ingatkan juga lansia untuk rutin berolahraga.

"Olahraga rutin bisa melawan efek penuaan, jadi sistem imun terjaga dan cegah infeksi virus atau bakteri. Olahraganya disesuaikan seperti jalan santai, atau kalau kuat bisa jalan cepat," terangnya.

Latihan kelenturan sendi juga disarankan untuk mencegah sendi kaku sehingga lansia tak mudah terjatuh. Satu hal yang cenderung terlupakan adalah pola tidur tepat yang turut berperan dalam menjaga imunitas lansia.

"Kalau kurang tidur berkepanjangan, sistem imunnya turun, apalagi lansia kekebalan tubuh sudah menurun, susah tidur jadi makin mudah terinfeksi. Jika sulit tidur, coba membuat pola tidur yang baik dan biasakan tidak melakukan aktivitas apa pun di kamar menjelang tidur," kata dokter Suzy.