Halo
Pembaca

VIVANetworks

News

Bola

Sport

Showbiz

LifeStyle

Otomotif

Digital

Ragam

Militer

Netizen

Lintas

Informasi

Senin, 15 Juni 2020 | 10:17 WIB

Hati-hati, Virus Corona Dapat Memicu Diabetes pada Orang Sehat

Team VIVA »
Sumiyati
Foto :
  • Freepik/drobotdean
Ilustrasi batuk/TBC/virus corona/COVID-19.

VIVA – Dalam sebuah temuan signifikan, sebuah studi baru mengatakan bahwa virus corona atau COVID-19, sebenarnya dapat memicu timbulnya diabetes pada orang sehat. Selain menyebabkan komplikasi parah dari diabetes yang sudah ada sebelumnya. 

Menurut para peneliti dari King's College London, mengingat periode pendek kontak manusia dengan virus corona, mekanisme pasti bagaimana virus memengaruhi metabolisme glukosa masih belum jelas. 

Baca Juga

"Diabetes merupakan salah satu penyakit kronis yang paling umum dan kami sekarang menyadari konsekuensi dari perselisihan yang tak terhindarkan antara dua pandemi," kata peneliti studi Francesco Rubino, Profesor di King's College London, dikutip Times of India, Senin 15 Juni 2020. 

"Kami tidak tahu apakah manifestasi akut diabetes pada pasien ini mewakili tipe 1, tipe 2, atau mungkin bentuk baru diabetes," lanjut dia. 

Sebuah proyek penelitian internasional, CoviDiab Registry, telah mengumumkan pembentukan registri global yang akan melacak kasus COVID-19, di mana pasien terus mengembangkan diabetes, menurut surat dari 17 ahli diabetes baru-baru ini yang diterbitkan di New England Journal of Medicine.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Terpapar Corona, Ini Data Tenaga Medis Meninggal Dunia
TVONE NEWS - 4 bulan lalu
Terpopuler