Omas Meninggal Akibat Diabetes dan Paru, Kenali Bahaya Penyakitnya

Omas Wati
Sumber :
  • Dokumentasi VIVA

VIVA – Pelawak senior, Omaswati atau lebih akrab disapa Mpok Omas, meninggal dunia pada Kamis 16 Juli 2020. Komedian asal Betawi itu dikabarkan meninggal karena penyakit diabetes dan paru-paru yang sudah lama dideritanya. 

Berkaitan dengan penyakit yang diderita Almarhum, diabetes dan paru-paru memang menjadi penyakit sejuta umat yang banyak diderita orang.

Meski tidak menular, diabetes dapat memengaruhi kemampuan tubuh untuk memproduksi atau menggunakan insulin, hormon yang memungkinkan tubuh untuk mengubah glukosa (gula) menjadi energi.

Baca juga: Sebelum Meninggal, Omas Sakit Diabetes dan Paru-paru

Dilansir Healthline, diabetes bisa dikelola secara efektif jika diketahui sejak awal. Namun, jika tidak diobati, penyakit ini dapat menyebabkan komplikasi potensial, meliputi penyakit jantung, stroke, kerusakan ginjal dan kerusakan saraf.

Jika kamu menderita diabetes, organ pankreas kamu menghasilkan terlalu sedikit insulin atau tidak sama sekali. Insulin, tidak dapat digunakan secara efektif.

Ini memungkinkan kadar glukosa darah meningkat, sementara sel-sel kamu kekurangan energi yang sangat dibutuhkan. Hal ini dapat menyebabkan berbagai masalah yang memengaruhi hampir setiap sistem tubuh utama.

Baca juga: Beredar Foto Kondisi Omas Sebelum Meninggal Dunia

Di sisi lain, menurut Health Grades, jika seseorang menderita diabetes tipe 2, fungsi paru orang tersebut akan menurun, dibanding orang yang tidak menderita diabetes. Secara umum, penurunan fungsi paru-paru tidak akan mengganggu aktivitas sehari-hari. 

Namun, hal itu dapat menyebabkan masalah jika si penderita mengalami obesitas, merokok, atau memiliki penyakit paru-paru. Fungsi paru-paru yang buruk juga bisa menjadi masalah jika penderita mengalami gagal jantung atau gagal ginjal, dan komplikasi diabetes. 

Memiliki diabetes tidak selalu berarti penderitanya memiliki fungsi paru-paru yang buruk. Beberapa penelitian menunjukkan, fungsi paru-paru semakin memburuk dengan meningkatnya kadar glukosa darah. Semakin lama kamu hidup dengan diabetes, semakin buruk fungsi paru-paru. (day)