Anak Hingga Lansia, Ini Jenis Olahraga Tepat untuk Semua Umur

Ilustrasi berolahraga/olahraga/berkeringat.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA – Olahraga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Mulai dari menjaga kesehatan jantung, membantu mengontrol berat badan, membangun tulang yang sehat, meningkatkan imunitas, dan masih banyak lagi. 

Tapi meskipun memiliki banyak manfaat, memilih jenis olahraga yang tepat dan sesuai umur, juga sangat disarankan untuk menghindari bahayanya dan meningkatkan fungsinya.

Baca juga: Kenapa Orang Rajin Olahraga Malah Meninggal karena Penyakit Jantung?

Berikut jenis olahraga yang tepat dilakukan untuk setiap umur, dikutip dari tayangan Hidup Sehat di tvOne

Anak-anak
Anak-anak dan remaja direkomendasikan untuk berolahraga setidaknya satu jam sehari. Berenang, memukul, berlari, dan menendang bola, bisa menjadi alternatif pilihan olahraganya.

Remaja
Untuk usia remaja disarankan untuk berolahraga dengan tim untuk meningkatkan kemampuan sosial dan bekerja sama.

Usia 20-an
Di usia ini tak perlu bingung untuk melakukan jenis olahraga apa pun. Ya, di saat usia 20-an adalah masa di mana metabolisme tubuh sedang berada di puncak tertinggi. Seluruh fungsi tubuh bekerja dalam kapasitas optimalnya. Tapi walaupun begitu, kamu masih disarankan untuk berolahraga lima kali dalam seminggu.

Usia 30-an
Masuk usia 30-an, sudah harus selektif dalam memilih jenis olahraga. Di usia ini kondisi tubuh sudah mulai menurun. Para ahli menyarankan sebaiknya di usia ini memilih olahraga yang bisa meningkatkan fungsi dan kebugaran kardiovaskular, seperti jogging, bersepeda santai atau berenang dalam jarak menengah.

Baca juga: Gak Ribet, Ini 3 Olahraga Ideal Bagi Lansia

Usia 40-50an
Masuk usia ini sebaiknya sudah tidak lagi melakukan jenis olahraga yang sifatnya kompetitif, seperti sepakbola. Lebih baik melakukan olahraga seperti jalan kaki, yoga, renang atau tai chi, agar dapat menjaga fungsi tubuh dengan baik. 

60-70 tahun lebih 
Jika sudah masuk usia 60-70 tahun lebih, perlu ekstra hati-hati dalam berolahraga. Di usia ini semua fungsi tubuh sudah mengalami penurunan. Jenis olahraga yang aman untuk dilakukan di usia ini adalah tai chi, jalan santai, atau berkebun.