Turunkan Gula Darah, Teh Jenis Ini Baik untuk Penderita Diabetes

Teh hijau/green tea
Sumber :
  • Pexels/maria tyutina

VIVA – Teh memiliki banyak jenis, mulai dari teh hijau, oolong tea, black tea, white tea, teh peppermint, dan masih banyak lagi. Setiap jenis teh pun memiliki manfaat yang berbeda-beda. 

Namun secara umum, berbagai jenis teh diketahui memilki antioksidan tinggi sehingga mampu menangkal radikal bebas. Selain itu, teh juga diketahui dapat membantu meredakan stres hingga menjaga kesehatan jantung.

Baca juga: Manfaat Teh Hijau: Pangkas Lemak, Kulit Tambah Mulus Bening

Nah, khusus teh hijau, Spesialis farmakologi klinik, Dr. Wawaimuli Arozal SpFK.M.Biomed, menjelaskan, jenis teh ini memiliki kandungan katekin yang lebih banyak dibanding black tea. Apa itu katekin dan apa manfaatnya? 

"Jadi katekin itu memilki aktivitas farmakologi yang banyak. Dia bisa sebagai antioksidan, mempercepat metabolisme lemak, dan juga banyak laporan yang menyatakan bahwa katekin ini baik dikonsumsi oleh pasien yang mengalami diabetes tipe 2," ujarnya dalam tayangan Hidup Sehat tvOne.

Saat ini, tak sedikit orang yang kerap menambahkan minuman tehnya dengan gula. Apakah akan berpengaruh terhadap katekin yang terkandung dalam teh hijau?

"Pada prinsipnya, tujuan dari aktivitas farmakologi dari katekin ini adalah untuk menghambat atau meningkatkan masuknya gula ke dalam sel. Artinya, kalau ditambah dengan gula, tentu menjadi efek yang berlawanan," lanjut dia.

Baca juga: Waktu Terbaik Minum Teh Hijau Agar Efektif Turunkan Berat Badan

Menurut dokter Wawaimuli, fungsi atau tujuan dari katekin itu sendiri adalah untuk membantu menurunkan kadar gula darah. Namun, jika ditambahkan dengan gula, malah akan terjadi peningkatan gula di dalam darah. 

"Jadi, artinya kan sia-sia seperti itu. Baiknya memang, kalau kita ingin mendapatkan manfaat teh yang baik, tentunya kita tidak mencampur dengan gula. Jadi, minum seperti yang disarankan Master Tea tadi (tidak pakai gula)," tutup Dr. Wawaimuli Arozal.