7 Cara Mudah untuk Minum Lebih Banyak Air Setiap Hari

Air minum
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Tubuh manusia terdiri dari sekitar 60% air. Fungsi cairan tubuh ini antara lain pencernaan, penyerapan, sirkulasi, pembuatan air liur, pengangkutan nutrisi, dan pemeliharaan suhu tubuh. Selain itu, air dapat membantu mengontrol kalori, memberi energi pada otot, membuat kulit terlihat bagus dengan menjaganya tidak dehidrasi, dan sebagainya. 

Jadi tidak ada keraguan tentang fakta bahwa air sangat penting untuk berfungsinya tubuh kita. Menurut National Academies of Sciences, Engineering, and Medicine AS, asupan cairan harian yang cukup untuk pria dan wanita masing-masing harus sekitar 3,7 liter dan 2,7 liter. 

Jika jumlahnya tampak terlalu banyak untuk Anda, tidak perlu khawatir. Berikut tujuh cara mudah untuk minum lebih banyak air setiap hari dilansir dari Times of India.

Saat olahraga

Photo :
  • Freepik/freepik

Buat aturan bahwa setiap berolahraga, Anda akan membawa botol air minum dan menghabiskannya. Kegiatan (latihan) khusus ini benar-benar mendapat manfaat dari air. Bahkan hanya beberapa teguk sebelum, selama, dan setelah latihan Anda akan membuat sebotol air kosong dalam waktu singkat.

Tambahkan rasa

Anda dapat menambahkan sedikit buah segar (grapefruit, stroberi, lemon), irisan sayuran (mentimun, jahe, seledri), dan herba (kemangi, mint, lavender) ke dalam teko Anda.

Semakin lama Anda membiarkannya, semakin enak setiap cangkirnya. Dan Anda bisa bermain-main dengan rasa yang berbeda, seperti mentimun-mint atau basil-lemon.

Gunakan aplikasi

Jika suatu aktivitas melibatkan aplikasi, jauh lebih mudah untuk memasukinya dan bahkan menjadi sedikit bersemangat karenanya. Mengetahui berapa banyak gelas yang telah Anda selesaikan dapat dilakukan dengan mudah dengan bantuan aplikasi gratis.

Letakkan kendi di dekat Anda

Mudah diingat untuk mengisi air ketika sumbernya dekat. Simpan kendi di meja Anda, di samping tempat tidur di rumah, dan di meja dapur sebagai pengingat untuk minum. Semakin sering Anda melihat kendi air itu, semakin Anda ingat untuk mengisi dan meminumnya.

Makan makanan kaya air

Photo :
  • U-Report

Cara yang baik untuk meningkatkan jumlah air yang Anda konsumsi setiap hari adalah dengan menambahkan buah dan sayuran dengan kandungan air yang tinggi ke dalam makanan Anda. Beberapa pilihan terbaik termasuk mentimun (96% air), zucchini (95% air), semangka (92% air), dan grapefruit (91% air).

Minum segelas setelah setiap istirahat

Jika Anda bangun dari meja Anda untuk ke kamar mandi, pastikan untuk mampir ke dapur untuk meneguk segelas air. Anda sudah akan bangun, yang berarti ini adalah waktu yang tepat untuk mampir ke pendingin air atau keran untuk mengisi botol atau gelas Anda.

Encerkan minuman manis dengan air dan es

Jika Anda meminum sesuatu yang sangat manis seperti jus, limun, atau es teh, tambah jumlah air di dalamnya dengan menambahkan es atau bahkan mengencerkan cangkir dengan sedikit air. Anda tetap akan mendapatkan rasa manis yang Anda idamkan dan memiliki tambahan air pada saat yang bersamaan.