Halo
Pembaca

VIVANetworks

News

Bola

Sport

Showbiz

LifeStyle

Otomotif

Digital

Ragam

Militer

Netizen

Insight

Informasi

Diabetes Hingga PMS, Pria Usia Diatas 30 Wajib Periksa Kesehatan

Senin, 17 Mei 2021 | 14:19 WIB
Oleh :
Foto :
  • U-Report
cegah diabetes

VIVA –Jadwal kerja yang padat dan kebiasaan makan yang tidak sehat telah memengaruhi kesehatan kita, yang mengakibatkan meningkatnya penyakit gaya hidup seperti hipertensi dan diabetes, terutama pada pria. Kondisi ini dapat melemahkan dan fatal pada saat yang sama kecuali jika diintervensi dan dikelola pada waktu yang tepat. 

Itulah mengapa sangat penting bagi setiap orang, termasuk pria, untuk menjaga kesehatan mereka dan melakukan pemeriksaan pencegahan menyeluruh yang dilakukan secara berkala. Risiko kesehatan bervariasi sesuai usia, jenis kelamin, riwayat keluarga, dan kondisi medis sebelumnya. 

Baca Juga

“Mengintegrasikan kebiasaan sehat ke dalam gaya hidup seseorang dan mendapatkan pemeriksaan rutin untuk kemungkinan kondisi kesehatan adalah dua pilar dari rezim kesehatan pencegahan yang kuat,” kata Dr Ramananda Srikantiah Nadig, Kepala Dewan Penasihat Klinis, healthi, dikutip dari IndianExpress.

Manajemen gaya hidup

Aktivitas Fisik: Aktivitas fisik yang konsisten dengan kekuatan sedang selama sekitar 30 menit setiap hari dapat membantu mencegah banyak penyakit gaya hidup kronis.

Diet yang tepat: Diet seimbang yang kaya akan semua nutrisi penting - protein, lemak dan karbohidrat - menjaga tubuh berfungsi dengan baik dan mencegah timbulnya penyakit.

Tidur: Kurang tidur dapat menyebabkan beberapa gangguan metabolisme berkembang, mempengaruhi kekebalan alami tubuh. Durasi tidur optimal 6-8 jam harus dipertahankan untuk hidup sehat.

Manajemen stres: Penerapan teknik manajemen stres seperti meditasi, latihan pernapasan dalam dan yoga dapat membantu menangkal kondisi jangka panjang seperti penyakit jantung dan diabetes.

Pemeriksaan kesehatan preventif

Memeriksa kondisi kesehatan pada usia dan waktu yang sesuai dapat membantu dalam diagnosis dini dan pengobatan tepat waktu. Perawatan pencegahan harus dilihat sebagai investasi jangka panjang, karena dapat mencegah banyak masalah kesehatan yang serius, dan juga membantu Anda mencapai tujuan kesehatan dan kebugaran pribadi Anda.

Pada pria, setiap usia dan tahap memiliki kondisi kesehatannya sendiri. Oleh karena itu, memeriksakan diri Anda pada waktu yang tepat adalah ide yang bagus. 

Berikut adalah daftar tes pencegahan sederhana yang harus dilakukan pria berusia 30-an secara teratur.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Terpopuler