5 Bahan Makanan Tingkatkan Imunitas Sekaligus Bikin Kurus

Ilustrasi apel dan kayu manis
Sumber :
  • Pixabay/Santarina81

VIVA – Di tengah pandemi seperti saat ini, masyarakat diminta untuk menjaga kesehatannya agar terhindar dari paparan COVID-19. Maka dari itu, penting mengonsumsi makanan yang tepat agar imunitas tubuh tetap terjaga. 

Beberapa jenis makanan ini diketahui tidak hanya dapat meningkatkan imunitas, tetapi juga dapat membantu Anda dalam program penurunan berat badan. Apa saja? Berikut ini rangkumannya seperti dilansir dari laman Times of India.

1. Minyak kelapa murni 

Minyak kelapa murni memiliki banyak manfaat kesehatan termasuk manajemen berat badan dan penguat kekebalan tubuh. Tambahkan dua sendok teh minyak kelapa ke smoothie dan mangkuk salad sebagai taburan. 

Anda juga bisa menggunakan minyak kelapa murni untuk memasak, menumis, dan saat membuat makanan penutup vegan. Beberapa bahkan suka mengkonsumsinya langsung yakni dua sendok teh setiap pagi untuk memulai hari.

2.  Bawang putih 

Bawang putih memiliki efek meningkatkan kekebalan dan merupakan agen antimikroba yang manjur. Bawang putih juga memiliki sifat antivirus dan antioksidan, yang semuanya pada gilirannya bekerja sangat baik dalam meningkatkan kekebalan.

3. Cuka sari apel

Cuka sari apel membuat Anda kenyang lebih lama dan mencegah tubuh dari kepanasan. Cuka sari apel diketahui mengandung asam klorogenat, antioksidan yang dapat membantu menurunkan lemak visceral.  

Minum 1-2 sendok makan cuka sari apel yang diencerkan dengan air sebelum makan membantu mencegah sindrom metabolik, sehingga mengurangi obesitas dan mengatur berat badan.

4. Bubuk kayu manis

Bubuk kayu manis merupakan makanan super yang bisa ditemukan di setiap dapur.  Anda bisa menggunakannya sebagai tambahan smoothie, milkshake, dan bahkan teh hijau. Setengah sendok teh kayu manis yang baru ditumbuk efektif dalam mengelola penurunan berat badan dan meningkatkan kekebalan tubuh.

5. Kunyit

Kunyit adalah antioksidan kuat yang biasa digunakan dalam semua olahan kari. Selain menggunakannya dalam kari, Anda bisa menggunakannya dalam smoothie dan menambahkannya ke susu Anda.