Kenali Perbedaan Diabetes Tipe 2 Antara Pria dan Wanita 

Gula darah
Sumber :
  • Indian Express

VIVA – Hidup dengan diabetes tipe 2 bisa menjadi perjuangan yang kompleks. Setelah didiagnosis, seseorang perlu membuat beberapa perubahan dalam rutinitas gaya hidup untuk mengontrol kadar gula darah dan mengelola gejalanya. 

Mulai dari pilihan makanan hingga olahraga rutin, beberapa perubahan diperlukan, dengan mempertimbangkan kondisi kesehatan. Dalam dua dekade terakhir, diabetes tipe 2 telah menjadi masalah kesehatan yang menonjol yang memengaruhi sebagian besar populasi di atas 50 tahun. 

Baik pria maupun wanita sama-sama rentan mengalami gangguan metabolisme. Namun, dalam hal gejala dan komplikasi, jenis kelamin memainkan peran penting, demikian dikutip dari Times of India.

Memahami Diabetes

Diabetes tipe 2 adalah penyakit kronis di mana tubuh menjadi kurang responsif terhadap insulin, hormon yang bertanggung jawab untuk mengatur kadar gula darah. Entah tubuh mereka tidak membuat cukup insulin atau sel tidak dapat menggunakannya. 

Photo :
  • U-Report

Cek gula darah naik

Hal ini dapat menyebabkan peningkatan kadar gula darah dalam tubuh, yang seiring waktu dapat mempengaruhi jantung, mata, ginjal dan sistem saraf. Bagian yang menantang adalah bahwa gejala diabetes hanya dapat dikelola, tidak dapat disembuhkan.