Zaidul Akbar Ungkap Sayuran yang Bisa Turunkan Tensi dengan Cepat

Tekanan darah/hipertensi
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Tekanan darah tinggi atau hipertensi terjadi ketika tekanan darah yang mengalir di dalam tubuh menjadi lebih tinggi atau di atas tekanan darah normal. Tekanan darah tinggi tergolong kondisi yang serius, apalagi jika tidak terkontrol. Ada banyak risiko penyakit berbahaya yang mengintai, mulai dari serangan jantung, stroke hingga gangguan ginjal.

Untuk itu, penting menjaga tekanan darah dengan baik, salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan yang sehat seperti sayur hijau. Pendakwah yang juga praktisi herbal, dr. Zaidul Akbar pun mengungkap seledri sebagai sayuran yang dapat menurunkan tekanan darah secara cepat.

Mengapa? Karena kandungan apigenin dan phthalates dalam seledri. Apigenin merupakan senyawa flavonoid yang memiliki sifat antioksidan. Senyawa ini berguna untuk mencegah penyempitan pembuluh darah dan memperlambat detak jantung, sehingga tekanan darah menjadi berkurang.

seledri.

Photo :
  • U-Report

Selain itu, kandungan phthalates dalam seledri dapat mengendurkan dan merelaksasi otot-otot pembuluh darah, sehingga tekanan darah tinggi bisa menurun. Tak hanya itu, kandungan-kandungan lainnya dalam seledri juga dapat berperan pada tekanan darah Anda. Ini termasuk serat, kalium, magnesium, zat besi, dan vitamin C.

Kalium bermanfaat untuk menyeimbangkan natrium di dalam tubuh yang merupakan salah satu penyebab hipertensi. Sementara magnesium dan zat besi dapat memberi gizi pada sel darah serta membuang simpanan lemak berlebih, sehingga mencegah aterosklerosis yang menyebabkan kekakuan pada pembuluh darah.

"Seledri obat atau sayur yang paling cepat menurunkan tensi," kata dr. Zaidul Akbar seperti dikutip dari tayangan YouTube.

dokter Zaidul Akbar

Photo :
  • YouTube dokter Zaidul Akbar

Menurut dr. Zaidul Akbar untuk mengonsumsi selederi ini, bisa dikonsumsi dengan cara dijus.

"Seledri bisa dijus kalau kurang enak bisa ditambah apel," kata dia.

Namun, jika masih kurang dengan jus seledri. Dr. Zaidul Akbar menyarankan untuk mengonsumsi seledri dengan cara disup.

"Kalau tidak suka makan langsung buat menjadi sup. Biasa saya kalau pulang kampung minta buat pindang.  Cari ikan sungai tidak diternak kuahnya ada kunyit, lengkuas, sereh kuah itu obatnya," ucap Zaidul Akbar.