3 Gerakan Yoga Rekomendasi Dokter untuk Cegah Diabetes Makin Parah

Ilustrasi yoga.
Sumber :
  • Pixabay/AndiP

VIVA Lifestyle – Para ahli percaya bahwa konsisten melakukan latihan yoga dapat memainkan peran penting dalam mengelola diabetes, bahkan terkadang membalikkannya. 

Yoga dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan mengelola faktor-faktor yang dapat memperparah diabetes seperti peningkatan berat badan, hipertensi dan stres. Yuk, scroll untuk tahu informasi selengkapnya.

Berikut beberapa gerakan yoga yang direkomendasikan oleh dokter, yang dapat membantu Anda mengendalikan diabetes, dilansir Times of India, Senin 24 Oktober 2022. 

Dhanurasana (Pose Busur)
Untuk melakukan gerakan ini, berbaring tengkurang dengan kaki dibuka selebar pinggul dan tangan di samping tubuh. Kemudian, lipat lutut dan gunakan tangan untuk memegang pergelangan kaki. 

Ilustrasi olahraga yoga

Photo :
  • Pexels

Tarik napas dan coba angkat dada serta tarik kaki Anda ke belakang dan ke atas. Pandangan lurus ke depan dan berkonsentrasi pada pernapasan Anda. Tahan posisi ini selama 15-20 detik lalu lepaskan. 

Chakraasana (Pose Roda)
Untuk melakukannya, berbaring terlentang dengan kaki terbuka selebar pinggul. Lalu, tekuk lutut sampai kaki berada di tanah dan dekat dengan tubuh Anda. Bawa telapak tangan Anda di bawah bahu dan tekan dengan kuat di lantai. 

Tekan kaki Anda dengan kuat di lantai, tarik napas dan angkat pinggul ke atas. Tulang belakang Anda harus ditekuk hingga menyerupai setengah lingkaran. Luruskan lengan dan kaki Anda sebanyak mungkin hingga pinggul dan dada Anda juga terdorong ke atas. Coba tahan posisi ini selama 15-20 detik lalu lepaskan. 

Matsyasana (Pose Ikan)
Mulailah dengan berbaring terlentang dan tangan di samping tubuh Anda. Sekarang, tekuk lutut Anda dan sambil menarik napas, angkat kepala serta dada Anda ke atas. Kemudian, dengan menjaga dada tetap terbuka, turunkan kepala Anda sedemikian rupa hingga bagian atas kepala Anda menyentuh tanah. 

Lalu, angkat tangan dan kaki Anda ke atas serta gabungkan keduanya. Tangan dan kaki Anda harus sejajar satu sama lain. Tahan posisi selama 15-20 detik lalu lepaskan. 

Ilustrasi diabetes.

Photo :
  • Freepik/jcomp

Itulah tiga pose atau gerakan yoga yang dapat membantu mengendalikan diabetes. Bicara yoga yang merupakan salah satu jenis olahraga, JD Sport, King of Trainer, resmi membuka outletnya mulai Kamis 20 Oktober 2022, di lantai GF Lippo Mall Kemang, Jakarta. 

Pembukaan ini ditandai dengan pengguntingan pita yang dilakukan oleh CEO PT. Lippo Malls Indonesia, Henry Riady, didampingi oleh COO PT. Lippo Malls Indonesia, Eddy Mumin dan Mall Director Lippo Mall Kemang, Dimas Aditya Kusuma serta CEO Erajaya Active Lifestyle, Djohan Sutanto.

Menempati area seluas 502.134 m2, JD Sports menyediakan berbagai produk sport dari berbagai merek ternama seperti Nike, Adidas, The North Face, Vans, Puma, Mckenzie, Pink Soda, Puma dan merek lainnya. 

Dengan kehadiran JD Sports di Lippo Mall Kemang akan melengkapi tenant yang ada sebelumnya dapat menjadi pilihan masyarakat khususnya wilayah Jakarta Selatan dan sekitarnya untuk mendapatkan sneakers favorit dan sport fashion yang trendi sesuai dengan gaya pilihan model dan gaya mereka. 

Mall Director Lippo Mall Kemang, Dimas Aditya Kusuma, menjelaskan JD Sports merupakan tenant yang ditunggu sekali kehadirannya di Lippo Mall kemang, karena seiring dengan konsep sport fashion yang sesuai dengan ketertarikan dan kebutuhan pengunjung Lippo Mall Kemang. 

"Kami berharap para pengunjung khususnya pecinta sport fashion dapat menikmati kehadiran JD Sports ini," kata Dimas dalam keterangannya. 

Berbagai promo menarik hadir selama masa opening ini salah satunya adanya program Hype Drops Online Raffle atau undian secara online untuk para pecinta sneakers agar bisa membeli sneakers idaman mereka dengan harga menarik di bawah pasaran umumnya. Pembeli diwajibkan mendaftarkan dirinya untuk program ini melalui Official Instagram JD Sports dari 20-22 Oktober 2022. 

Pembeli yang beruntung memenangkan undian bisa mendapatkan Hype Product seperti sneaker Adidas Air Jordan 1 Low, Air Jordan 1 Mid, Nike Dunk Low, Nike Dunk Low Retro, atau produk lainnya dengan harga mulai dari Rp1.129.000. Promo ini terbatas hanya tersedia untuk 500 pasang sneakers pertama.

Tak hanya itu, para pengunjung outlet JD Sports juga dapat menukar poin belanja mereka, dengan belanja minimal senilai Rp1 juta bisa berkesempatan untuk mendapatkan sepasang sepatu gratis. JD sports juga menyediakan games seperti Claw Machine, Ring Toss dan Basketball Arcade dan pemenang berkesempatan untuk mendapatkan berbagai hadiah menarik.