Periksa Kesehatan Gigi dan Mulut Sekarang Bisa dari Rumah

Ilustrasi sikat gigi
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Lifestyle – Kesehatan gigi dan mulut sering kali dijadikan nomor kesekian bagi masyarakat Indonesia. Hal tersebut dibuktikan dengan tingkat kesadaran masyarakat Indonesia yang masih sangat rendah dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Selain itu, semenjak pandemi melanda negeri, makin banyak masyarakat Indonesia yang mengesampingkan pentingnya pelayanan kesehatan mulut dan gigi. Angka kesadaran masyarakat terhadap kesehatan gigi dan mulut pun kian menurun. Scroll untuk simak artikel selengkapnya.

“Riskesdas 2018 mencatat proporsi masalah gigi dan mulut sebesar 57,6 persen dan yang mendapatkan pelayanan dari tenaga medis gigi sebesar 10,2 persen. Adapun proporsi perilaku menyikat gigi dengan benar sebesar 2,8 persen,” ujar drg. Yeni Yuliani selaku perwakilan dari Pengurus Wilayah PDGI Jakarta, dalam peluncuran Rumah Kuat Ciptadent, di kawasan Menteng, Jakarta, Rabu 14 Desember 2022.

Akses untuk mendapatkan pelayanan tersebut sangat terbatas demi meminimalisasi penyebaran COVID-19 hingga akhirnya mengakibatkan tingginya masalah mulut dan gigi masyarakat di Indonesia. Selama lebih dari 30 tahun, Ciptadent sudah menemani di setiap keluarga Indonesia.

Ciptadent sebagai bagian dari masyarakat Indonesia berkomitmen untuk membantu menjaga kesehatan gigi keluarga Indonesia melalui kegiatan Ciptadent Kuatkan Indonesia yang sudah berjalan sejak 2015. 

Acara tersebut telah diselenggarakan di 80 kota dan mencakup 80.000 keluarga di seluruh penjuru Indonesia. Sebagai perluasan/pengembangan dari program tersebut, pada penghujung tahun 2022 ini Ciptadent meluncurkan sebuah inisiatif program baru dalam bentuk situs web bertajuk Rumah Kuat Ciptadent (RKC). 

Situs ini mendukung pelayanan kesehatan gigi di Indonesia dengan cara memberikan akses kepada para ibu di manapun mereka berada  ke konsultasi gigi secara daring yang dilayani oleh tenaga medis terpercaya.

“Dengan Rumah Kuat Ciptadent (RKC), Ciptadent terus berkontribusi untuk menguatkan kesehatan gigi masyarakat Indonesia. Situs ini akan memberikan kemudahan bagi para ibu untuk mendukung kesehatan gigi dan mulut anggota keluarganya, serta memperluas wawasan para ibu dalam menjalankan tugasnya sebagai garda terdepan,” tutur Felicia Melissa, Brand Manager Ciptadent saat peluncuran RKC.

RKC menyediakan tiga pilar yang berupa dukungan untuk memperkuat layanan kesehatan gigi Indonesia, yaitu ruang periksa gigi, ruang inspirasi, dan yang tak kalah penting adalah memberikan sikat dan pasta gigi gratis kepada masyarakat Indonesia. Melalui kehadiran RKC, Ciptadent ingin mencakup jangkauan yang lebih luas lagi dengan memberikan pelayanan secara digital yang bisa diakses dengan mudah oleh siapapun.

“Situs ini dapat membantu para ibu yang memiliki waktu dan akses yang terbatas, karena memudahkan kita untuk konsultasi gigi untuk seluruh anggota keluarga dimanapun dan kapanpun, sehingga lebih efisien, hemat waktu, dan juga biaya,” kata  Ussy Sulistiawaty, brand ambassador Ciptadent.

Masyarakat dapat mengakses situs web Rumah Kuat Ciptadent di http://www.ciptadent.co.id/rumahkuatciptadent  dan memberikan dukungan untuk para ibu agar menguatkan kesehatan gigi di Indonesia. Dukungan tersebut akan dikonversi menjadi paket bantuan sikat dan pasta gigi untuk keluarga Ibu Indonesia lainnya.  

Tiap Ibu yang memberikan dukungan akan mendapatkan apresiasi dari Ciptadent dalam bentuk sertifikat dan voucher Halodoc yang bisa digunakan untuk mendapatkan layanan kesehatan mulut dan gigi untuk keluarga di manapun dan kapanpun yang didukung oleh Halodoc, dan juga berbagai video inspirasi serta pembelajaran untuk lebih mendukung kegiatan Ibu dalam menguatkan kesehatan gigi dan mulut, nutrisi dan kegiatan keluarga melalui situs ini.