Cara Influencer Kesehatan Manfaatkan Medsos Tingkatkan Kesadaran Masyarakat

Ilustrasi dokter/rumah sakit.
Sumber :
  • Freepik

VIVA Lifestyle – Dalam rangkaian Gebyar Puncak Peringatan hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 yang digelar November tahun lalu, Dinas Kesehatan Jawa Barat mengukuhkan Health Influencer (Duta Kesehatan Jawa Barat) yaitu apoteker Faqih Difran Hanif.

Faqih Difran Hanif memiliki keinginan untuk bersama bersinergi meningkatkan pengetahuan masyarakat melalui edukasi sehingga masyarakat akan lebih waspada akan kesehatan, tidak mudah terbawa dengan berita hoaks tentang kesehatan, dan bisa mewujudkan masyarakat Jawa Barat yang bahagia dan sehat. Semua itu dilakukan melalui kontennya di media sosial yang memberikan informasi kesehatan dengan gaya khasnya yang tidak hanya mengedukasi tetapi juga menghibur.

Influencer kesehatan Faqih Difran Hanif.

Photo :
  • ist

Selain itu, apoteker Faqih Difran Hanif siap untuk membantu meningkatkan eksistensi pelayanan kesehatan mulai dari rumah sakit, puskesmas hingga pelayanan kesehatan lain dan siap untuk terjun langsung memberikan edukasi kepada masyarakat dari seluruh kabupaten dan kota di Jawa Barat.

Sebelum menjadi Duta Kesehatan Jawa Barat apoteker Faqih Difran Hanif juga berhasil memenangkan lomba Konten Kesehatan yang diselenggarakan oleh Kementerian Kesehatan dan berhasil menjadi urutan pertama konten kesehatan terbaik dengan tema "Edukasi 6 Pilar Transformasi Sistem Kesehatan". 

"Ujung tombak dari implementasi transformasi kesehatan dimulai dari dinas kesehatan provinsi hingga dinas kesehatan  kabupaten/kota, kemudian bertumpu pada puskesmas dan posyandu," ujarnya, dalam keterangan pers.

Ilustrasi dokter/suster.

Photo :
  • Pixabay/voltamax

Ia menambahkan, "Saya ucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada segenap insan kesehatan yang telah bahu-membahu berjuang tanpa kenal lelah,'' ujar Sekjen Kunta dalam puncak acara Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-58 Provinsi Daerah Istimewa
Yogyakarta.

Faqih bersama Labolatorium Kesehatan Provinsi Jawa Barat berkolaborasi memberikan bantuan, pengecekan kesehatan dan juga Trauma Healing untuk pengungsi korban gempa bumi di Cianjur Jawa Barat. 

Kegiatan ini dilakukan di Posko Bencana Jawa Barat di Kecamatan Pacet. Lokasi ini menjadi salah satu lokasi yang terparah akibat gempa bumi di Cianjur ini.

Berbagai kegiatan dilakukan dalam kolaborasi Duta Kesehatan Jabar dengan Labkes Jabar mulai dari pembagian sembako seperti beras, telur, sayur-sayuran dan air bersih. Selain itu, kegiatan berupa trauma healing dengan anak anak di posko pengungsian berupa games, pembagian hadiah dan konseling penanganan trauma pun dilakukan.