Konsumsi 5 Sayuran dan Buah Ini Bisa Buka Sumbatan Jantung

Ilustrasi serangan jantung
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Lifestyle – Penyumbatan jantung merupakan kelainan medis rumit yang perlu ditangani oleh profesional atau ahli. Penyakit ini seringkali disebabkan oleh aterosklerosis atau penumpukan plak di arteri. 

Serat larut yang ditemukan pada sayuran tertentu, telah terbukti dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Sejumlah penelitian menunjukkan, makanan dengan serat larut tinggi dapat membantu menurunkan lipoprotein densitas rendah atau kolesterol jahat. Scroll untuk informasi selengkapnya, yuk!

Nah, untuk menjaga kesehatan jantung, beberapa sayuran dapat dimasukkan ke menu sehari-hari karena kemampuannya yang dapat menyehatkan jantung. Contohnya lima sayuran dan buah berikut yang dianggap baik untuk kesehatan jantung. Apa saja? Berikut ulasannya dilansir Times of India, Minggu 28 Januari 2024. 

Sayuran berdaun hijau
Sayuran berdaun hijau tinggi akan vitamin, mineral dan antioksidan. Sayuran seperti bayam, kangkung dan lain-lain mengandung zat yang dapat menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung secara umum. 

Brokoli
Sayuran berbentuk pohon ini merupakan pohon kehidupan bagi jantung Anda. Brokoli merupakan salah satu superfood yang tinggi antioksidan, vitamin dan serat. Sulforaphane, zat yang terkandung dalam brokoli, memiliki sifat anti inflamasai dan kardiovaskular

Likopen
Likopen, antioksidan yang dikaitkan dengan manfaat kardiovaskular, banyak terdapat pada tomat. Sayuran satu ini dapat membantu menurunkan tekanan darah dan kemungkinan terkena penyakit yang berhubungan dengan jantung. 

Alpukat
Kaya akan lemak tak jenuh tunggal yang dapat menyehatkan jantung, alpukat merupakan buah yang tinggi nutrisi. Selain itu, potasium yang terkandung dalam alpukat, mampu membantu mengatur tekanan darah. 

Paprika
Paprika kaya akan serat, vitamin C dan A. Nutrisi tersebut dapat membantu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular dan mendukung kesehatan jantung secara keseluruhan. 

Paprika/ilustrasi mencuci sayuran.

Photo :
  • Pixabay/Didgeman

Meskipun konsumsi lebih banyak sayuran dan buah di atas baik untuk Anda, namun kesehatan jantung juga harus dijaga dengan mengurangi konsumsi alkohol, hindari merokok, kelola stres, mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang dan rutin olahraga. 

Sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter jika Anda telah didiagnosis menderita penyumbatan jantung atau masalah kardiovaskular lainnya. Berdasarkan kondisi unik individu, terapi medis seperti obat-obatan, perubahan gaya hidup atau dalam kasus yang lebih parah, prosedur intervensi atau pembedahan mungkin disarankan.