9 Kebiasaan Pagi yang Bisa Turunkan Kadar Kolesterol dalam Sebulan

Ilustrasi sarapan
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Lifestyle  –  Kolesterol merupakan lemak yang diproduksi oleh tubuh, dan juga berasal dari makanan hewani. Senyawa ini membantu tubuh memproduksi vitamin D, sejumlah hormon, dan asam empedu untuk mencerna lemak. 

Terpopuler: Kata Mamah Dedeh Soal Istri Tolak Suami sampai Kebiasaan Pagi untuk Turunkan Kolesterol

Jika kadarnya sesuai, kolesterol sebenarnya dibutuhkan tubuh untuk membantu membangun sel-sel baru. Gunanya agar tubuh bisa tetap berfungsi secara normal. Tak cuma itu, kolesterol juga bermanfaat untuk proses pencernaan, produksi hormon, dan membentuk vitamin D. Tapi, harus hati-hati, jika kadarnya terlalu tinggi, maka kolesterol bisa berbahaya bagi tubuh karena akan menyebabkan berbagai penyakit dan komplikasi. 

Nah, untuk mencegah kolesterol tinggi, ada baiknya, memulai hari dengan perilaku sehat alami sejak di pagi hari setiap hari. Berikut adalah 9 praktik pagi hari yang terbukti secara ilmiah dan alamiah dapat membantu menurunkan kadar kolesterol hanya dalam sebulan.

5 Efek Samping Kol Goreng Bagi Kesehatan yang Perlu Diwaspadai, Bisa Memicu Kanker
  1. ​Mulailah dengan sarapan sehat

    Ilustrasi sarapan

    Photo :
    • Pexels/Unsplash

Memulai hari dengan sarapan bergizi dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Pilihlah makanan yang kaya serat larut, seperti oatmeal dengan topping buah segar atau roti gandum utuh dengan brokoli. Serat larut membantu menurunkan kadar kolesterol LDL. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association, mengonsumsi hanya 5 hingga 10 gram serat larut per hari dapat menurunkan kolesterol LDL sekitar 5 persen.

5 Minuman Herbal Penjaga Kolesterol Tetap Terkendali
  1. Minumlah segelas jus jeruk

    Ilustrasi jus jeruk

    Photo :
    • Pixabay/stevepb

Segelas jus jeruk segar di pagi hari juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Jeruk kaya akan flavonoid, yang telah terbukti menurunkan kadar kolesterol LDL. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition, minum 750 ml jus jeruk setiap hari selama empat minggu dapat menurunkan kadar kolesterol LDL secara signifikan.

  1. Jalan pagi

    Ilustrasi wanita cantik jalan pagi.

    Photo :
    • Pixabay

Olahraga pagi dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol HDL dan menurunkan kadar kolesterol LDL. Berjalan-jalanlah sebentar di sekitar lingkungan Anda atau jogging di taman. Usahakan untuk melakukan setidaknya 30 menit olahraga intensitas sedang hampir setiap hari dalam seminggu. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The American Journal of Cardiology, olahraga aerobik secara teratur dapat meningkatkan kolesterol HDL hingga 5 persen.

  1. Nikmati secangkir teh hijau

    Teh hijau.

    Photo :
    • Pixabay

Teh hijau kaya akan antioksidan yang disebut katekin, yang terbukti menurunkan kadar kolesterol LDL. Mulailah pagi Anda dengan secangkir teh hijau, bukan kopi biasa. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Dietetic Association, minum teh hijau secara rutin dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL.

  1. ​Tambahkan biji rami di atas menu sarapan   
    Biji rami kaya akan asam lemak omega-3 dan serat, yang keduanya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Taburkan biji rami bubuk pada sereal Anda di pagi hari. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition, mengonsumsi 30 gram biji rami bubuk setiap hari selama tiga bulan dapat menurunkan kadar kolesterol LDL secara signifikan.
  2. ​Luangkan waktu untuk bermeditasi

    Ilustrasi meditasi/yoga/latihan pernapasan.

    Photo :
    • Pexels/andrea piacquadio

Meditasi pagi hari dapat membantu menurunkan tingkat stres yang pada akhirnya dapat menurunkan kadar kolesterol LDL. Luangkan waktu 10 menit untuk duduk dengan tenang dan fokus pada napas Anda. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Psychosomatic Medicine, berlatih meditasi mindfulness dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL.

  1. Konsumsi ​Almond

    kacang almond

    Photo :
    • freepik by topntp26

Almond kaya akan lemak tak jenuh tunggal, yang dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol HDL dan menurunkan kadar kolesterol LDL. Nikmati segenggam almond sebagai camilan pagi. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition, menambahkan almond ke dalam makanan Anda dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol.

  1. ​Masak dengan minyak zaitun

    Minyak zaitun.

    Photo :
    • Pixabay/stevepb

Menggunakan minyak zaitun sebagai pengganti mentega atau minyak sayur dalam masakan pagi Anda dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol. Minyak zaitun kaya akan lemak tak jenuh tunggal yang dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol HDL. Menurut penelitian yang dipublikasikan di Circulation, pola makan kaya minyak zaitun dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol HDL.

  1. Makanlah segenggam kenari

    Ilustrasi Kacang Kenari

    Photo :
    • Pixabay/ 955169

    Menambahkan kenari ke dalam rutinitas pagi Anda juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Kacang kenari kaya akan asam lemak omega-3 yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition, menambahkan kenari ke dalam makanan Anda dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya