Habis Lebaran Kolesterol Meningkat? Pangkas dengan 6 Sayuran Ini

Ilustrasi sayuran/belanja di supermarket.
Sumber :
  • Pixabay/evitaochel

VIVA Lifestyle – Hari raya Idul Fitri atau Lebaran identik dengan makanan tinggi lemak jenuh, seperti makanan bersantan, makanan yang dimasak dengan daging merah hingga goreng-gorengan. Jika dikonsumsi berlebihan, makanan-makanan tersebut dapat menyebabkan kadar kolesterol dalam tubuh meningkat. 

5 Rekomendasi Makanan untuk Ibu Menyusui Agar ASI Lancar

Sayuran yang mengandung vitamin B12 disebut-sebut ampuh untuk mengelola kolesterol tinggi. Karena kaya vitamin B12, sayuran-sayuran ini sangat baik dalam menurunkan kolesterol jahat (LDL). Apa saja? Berikut ulasannya, dilansir The HealthSite, Minggu 14 April 2024. Yuk, scroll!

Paprika kuning
Warna kuning yang terdapat pada paprika mengandung banyak vitamin B12. Sayuran berwarna cerah diketahui mengandung nutrisi yang luar biasa, terutama vitamin B12, yang dapat membantu mengendalikan kolesterol tinggi. 

Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

Ilustrasi kolesterol .

Photo :
  • Freepik/rawpixel.com

Labu
Selain sebagai pembangkit tenaga, labu juga mengandung vitamin B12. Vitamin ini sendiri berperan penting dalam pembentukan sel darah merah, proses sintesis DNA, menjaga fungsi neurologis dan mengatasi kolesterol. 

Masa RAFI 2024, Konsumsi Avtur Naik 10%

Jagung
Salah satu jenis makanan pokok ini juga kaya akan vitamin B12. Baik direbus, dimasukkan ke dalam salad, atau dibuat sup, jagung dapat membuat kadar vitamin B12 Anda meningkat. Selain itu, serat yang terkandung dalam jagung juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. 

Kacang lentil
Kacang lentil menawarkan keuntungan ganda karena merupakan sumber protein nabati yang luar biasa dan kaya akan vitamin B12. Untuk hidangan ramah kolesterol, kacang lentil bisa dimasak menjadi sup, semur atau kari lezat. 

Tomat kuning
Meskipun tidak sepopuler tomat merah, tomat kuning lebih kaya rasa dan kaya akan vitamin B12. Tambahkan ke salad, sandwich, atau pasta, tak hanya menjadikannya lezat tapi juga dapat menjaga kesehatan Anda. 

Kentang
Sayuran serbaguna ini adalah sumber vitamin B12 yang luar biasa. Baik dihaluskan, dipanggang atau direbus, vitamin B12 yang terkandung dalam kentang berkontribusi untuk menjaga kesehatan jantung Anda. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya