Heboh Kopi Tanpa Kafein, Disebut Mengandung Bahan Pemicu Kanker

Ilustrasi kopi.
Sumber :
  • Freepik/freepik.diller

AS – Kopi tanpa kafein atau kopi decaf kerap menjadi pilihan bagi orang-orang yang menghindari kafein namun ingin tetap mengonsumsi kopi. Namun sepertinya, Anda harus mulai mempertimbangkan atau mengonsultasikannya dengan dokter sebelum mengonsumsi kopi ini. Kenapa?

Ditanya Apakah Pernah Menangani Pasien Korban Santet? Ini Kata Dokter Forensik Djaja Surya Atmadja

Beberapa kelompok advokasi kesehatan mengajukan petisi ke Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) untuk melarang bahan kimia utama yang terlibat dalam  proses dekafeinasi karena bisa memicu kanker. Benarkah? Yuk, scroll untuk informasi selengkapnya. 

Bahan kimia yang dimaksud adalah metilen klorida, yaitu cairan tidak berwarna yang digunakan dalam proses industri tertentu, termasuk pengupasan cat, produksi farmasi, produksi penghilang cat, serta pembersihan dan penghilang lemak logam. 

Kabar Terbaru Raja Charles Setelah Diagnosa Kanker, Kehilangan Indra Perasa

ilustrasi kopi.

Photo :
  • Pixabay/acekreations

"Metilen klorida telah lama dikenal sebagai karsinogen, yang ditetapkan oleh Program Toksikologi Nasional Institut Kesehatan Nasional, Badan Perlindungan Lingkungan (EPA) dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)," ujar Direktur Senior Kebijakan Kimia untuk Dana Pertahanan Lingkungan, Dr. Maria Doa, dikutip CNN, Minggu 14 April 2024. 

Dinyatakan Sehat Usai Divonis Kanker Sarkoma, Alice Norin Merasa Diberi Kesempatan

Lebih lanjut menurut Dr Doa, selain bersifat karsinogenik, metilen klorida dapat menyebabkan bahaya kesehatan lainnya, seperti toksisitas hati dan paparan yang lebih tinggi terhadap efek neurologis dan dikaitkan dalam beberapa kasus kematian. 

“Risiko-risiko ini terjadi dalam konteks paparan akut eksternal terhadap bahan kimia tingkat tinggi atau konsumsi bahan kimia tersebut sendiri," tambah Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC).

Karena toksisitas bahan kimia tersebut, EPA melarang penjualannya sebagai pengupas cat pada 2019. Kemudian pada 2023, badan tersebut mengusulkan larangan penjualan metilen klorida untuk keperluan konsumen lainnya termasuk keperluan industri dan komersial. 

Saat ini, FDA mengatakan, pihaknya sedang meninjau petisi tersebut. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya