Waspada! Pneumothorax Seperti Dialami Winter aespa, Kenali Gejala dan Bahayanya

Winter AESPA
Sumber :
  • Instagram

VIVA Lifestyle – Member AESPA, Winter dikabarkan menjalani operasi Pneumothorax baru-baru ini.  Winter diketahui menjalani operasi pada Kamis 11 April 2024 lalu di sebuah rumah sakit di Seoul. Menurut laporan Tenasia, winter saat ini tengah menjalani masa pemulihan pasca operasi Pneumothorax yang dijalaninya beberapa waktu lalu. 

Eko Patrio Ungkap Parto Sudah Lama Menahan Sakit hingga Akhirnya Dioperasi

Lantas apa itu pneumothorax yang dialami oleh Winter AESPA? Melansir laman Mayoclinic, pneumothorax atau yang lebih dikenal dengan sebutan paru-paru kolaps sebagian atau seluruhnya karena akumulasi udara dalam rongga pleura, ruang antara paru-paru dan dinding dada. 

Pneumothorax terjadi ketika udara masuk ke dalam rongga pleura yang biasanya berasal dari area lemah atau ‘lubang’ pada paru-paru yang menyebabkan paru tersebut kolaps. Pneumothorax dapat disebabkan oleh cedera dada. Cedera ini dapat terjadi selama serangan fisik atau kecelakaan mobil, sementara yang lain mungkin secara tidak sengaja terjadi selama prosedur medis yang melibatkan penyiapan jarum ke dada.

Dua Produser Film Pick Me Trips In Bali Asal Korea Selatan Dideportasi Imigrasi Ngurah Rai

Winter Aespa

Photo :
  • Koreaboo

Selain itu, pneumothorax juga bisa terjadi karena masalah penyakit paru-paru seperti penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), fibrosis kistik, kanker paru-paru atau pneumonia. 

Kubur Rekor Korsel ke Olimpiade, STY Minta Maaf: Mimpi Saya Bawa Indonesia ke Piala Dunia

Pneumothorax bisa terjadi lantaran adanya lepuh udara kecil atau disebut blebs. Blepbs ini dapat berkembang di bagian atas paru-paru yang memungkinkan udara bocor ke ruang yang mengelilingi paru-paru.  Selain itu, pneumothorax juga lebih banyak terjadi pada pria dibandingkan wanita. Lantaran kegiatan merokok. 

Beberapa gejala yang perlu diperhatikan oleh mereka dengan masalah pneumothorax adalah nyeri dada mendadak dan sesak napas. Tingkat keparahan gejala mungkin tergantung pada seberapa banyak paru-paru yang kolaps. 

Berkaca pada kasus Winter AESPA, kapan seseorang harus menemui dokter? Perlu diketahui bahwa gejala pneumothorax dapat disebabkan oleh berbagai masalah kesehatan, dan beberapa di antaranya dapat mengancam jiwa, jadi carilah perawatan medis. Jika nyeri dada Anda parah atau pernapasan menjadi semakin sulit, segera datangi rumah sakit terdekat.

Sementara itu, SM Entertainment mengungkap tentang kondisi terkini Winter AESPA menyusul operasi Pneumothorax yang dijalani Winter. Dalam sebuah pernyataan yang dibagikan dengan outlet media Hankook Kyungjae, SM Entertainment mengkonfirmasi laporan itu.

“Winter saat ini sedang menjalani masa pemulihan pasca operasi untuk Pneumothorax. Keputusan operasi ini diambil setelah menjalani diskusi yang cukup intens dengan staf medis sebagai langkah pencegahan. Mengingat masalah  Pneumothorax dapat muncul kembali dengan mudah,” demikian keterangan SM Entertainment mengutip laman Koreaboo.

Sementara itu, terkait dengan kegiatan Winter dengan member AESPA lainnya ini tergantung dengan kondisinya. 

“Untuk kegiatannya sebagai anggota AESPA  kami akan menyesuaikan dengan kondisinya, karena pemulihan winter adalah prioritas utama kami,” kata agensi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya