Deretan Langkah Efektif Meyelamatkan Diri Saat Gempa Bumi Terjadi

Ilustrasi Gempa Bumi.
Sumber :
  • vstory

Jakarta – Indonesia, berada dalam kawasan Cincin Api Pasifik atau Ring of Fire, merupakan negara yang sering mengalami bencana alam, termasuk gempa bumi. Aktivitas lempeng tektonik yang intensif dan keberadaan gunung berapi yang aktif semakin meningkatkan risiko gempa di negara ini.

Gempa Bumi 5,2 Magnitudo Guncang Mataram dan Bali, Warga Lari Keluar: Trauma Gempa 2018

Menurut pengetahuan seismologi, gempa adalah peristiwa di mana gelombang energi gempa merambat ke permukaan bumi akibat pelepasan energi potensial dari lapisan bumi di bawahnya secara tiba-tiba.

Masyarakat Indonesia, terutama yang tinggal di daerah rawan bencana, perlu memahami langkah-langkah yang harus diambil untuk melindungi diri saat terjadi gempa bumi.

Kembali Berulah, KKB Bakar Bangunan Sekolah Dasar di Intan Jaya Papua

Ilustrasi gempa bumi.

Photo :
  • Freepik

Langkah-langkah Menyelamatkan Diri Saat Gempa Bumi:

Palestina Sebut Lebih dari 10.000 Orang Hilang di Bawah Puing di Gaza

Dilansir dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, berikut beberapa langkah yang perlu dilakukan jika terjadi gempa bumi.

1. Hindari Kepanikan dan Cobalah untuk Tenang

Apabila sedang terjadi gempa bumi, cobalah untuk menjaga diri agar tetap tenang. Dengan memiliki sikap yang tenang, kita dapat berpikir lebih jernih terkait tindakan apa yang harus dilakukan untuk menyelamatkan diri. Kemudian ikutilah instruksi evakuasi dari para petugas berwenang.

2. Segeralah Keluar dari Bangunan

Jika memungkinkan, cobalah segera keluar dari bangunan rumah atau gedung ketika terjadi gempa bumi.

Apabila hendak keluar dari rumah atau gedung, jangan lupa perhatikan kemungkinan pecahan-pecahan benda seperti kaca, genteng, maupun material lainnya, agar dapat keluar dengan selamat.

3. Gunakanlah Tangga Darurat

Ilustrasi tangga darurat yang akan dibangun di tol layang Jakarta Cikampek

Photo :
  • istimewa

Gunakan tangga darurat untuk melakukan evakuasi saat hendak keluar dari bangunan. Hindari menggunakan elevator atau lift. Jangan berlari saat menuruni tangga, karena dapat meningkatkan risiko terjatuh ketika sedang berupaya menyelamatkan diri.

4. Jangan Menggunakan Lift

Gempa bumi dapat berpotensi membuat kita terjebak di dalam lift. Jika sedang berada di dalam lift, tekanlah semua tombol atau gunakan interphone agar tersambung dengan panggilan kepada pengelola gedung.

5. Berlindunglah dari Runtuhan di Dalam Gedung

Jika sedang berada di dalam gedung, berlindunglah di bawah meja guna menghindari berbagai benda yang mungkin dapat jatuh dan menimpa tubuh, seperti atap, lampu, atau benda-benda berbahaya lainnya.

Selain itu, kenalilah bagian-bagian dari bangunan rumah atau gedung yang mempunyai struktur kuat. Seperti pada bagian sudut bangunan untuk tempat berlindung.

6. Tindakan yang Perlu Dilakukan di Area Terbuka

Ilustrasi gempa bumi.

Photo :
  • Pixabay

Jika sedang berada di area terbuka, hindari berdiri di dekat pohon, tiang, ataupun sumber listrik, hingga gedung-gedung yang mungkin bisa roboh. Jangan lupa perhatikan tempat saat sedang berpijak. Jika terdapat retakan pada tanah yang sedang kita pijak, segeralah menjauh dan cari tempat aman.

7. Tindakan yang Perlu Dilakukan Saat di Dalam Mobil

Jika sedang terjadi gempa, segeralah berhenti di kiri bahu jalan. Kemudian segeralah turun serta menjauh dari mobil dan carilah tempat yang aman.

8. Tindakan yang Perlu Dilakukan Saat Berada di Pantai

Jika terjadi gempa bumi, segeralah menjauh dari bibir pantai dan pergilah ke tempat yang lebih tinggi. Ikuti arahan petugas dan waspadalah terhadap risiko tsunami setelah terjadi gempa bumi.

9. Tindakan yang Perlu Dilakukan Saat Berada di Area Pegunungan

Jika terjadi gempa bumi, hindarilah daerah-daerah yang berpotensi longsor. Upayakan mencari tempat yang aman di wilayah terbuka. Jangan berdekatan dengan pepohonan tinggi yang dapat berpotensi roboh ataupun patah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya