Maknai Semangat RA Kartini, Shandy Purnamasari: Perempuan Tak Cuma Jadi Istri dan Ibu

Shandy Purnamasari
Sumber :
  • IG @shandypurnamasari

MALANG – Peran perempuan sangat penting. Hal itulah yang menjadi cikal bakal peringatan Hari Kartini yang dirayakan 21 April setiap tahunnya. Tak hanya di rumah dan mengurus kebutuhan rumah tangga saja, kini perempuan sudah mampu sejajar dengan laki-laki di berbagai bidang pekerjaan.  

Wanita Muda Asal Jakarta Tewas Misterius di Bawah Jembatan Tunggulmas

Memperingati sekaligus merayakan momentum Hari Kartini 2024, J99 Corp. menunjukkan komitmen terhadap pemberdayaan perempuan. Bagi J99 Corp., peran perempuan sangat penting, apalagi perusahaan ini berangkat dari industri kecantikan dan kesehatan kulit, yang sangat erat kaitannya dengan dunia perempuan. Scroll untuk info selengkapnya, yuk!

Salah satu unit usaha J99 Corp. yang didominasi peran perempuan adalah Juragan 99 Garment. Didirikan pada tahun 2020, unit bisnis yang berfokus pada industri garmen semi-butik, yang memproduksi brand Fabrica Project ini menjadi perusahaan yang didominasi tenaga kerja perempuan. 

Viral, Penjaga Kos di Jakpus Intip Perempuan Lagi Mandi dari Sela Jendela

Ganesya Widya Pradana, CEO J99 Corp., meyakini, perempuan memiliki peran penting dan juga memberikan nilai tambah bagi perusahaan. Lebih dari setengah jumlah total karyawan mereka adalah perempuan dalam berbagai level dan keahlian mulai dari jajaran direktur, manajer hingga level staf.

Kasus Pemuda di Cianjur Nikahi Wanita yang Ternyata Pria, Endingnya Begini

“Salah satu unit bisnis kami yang kental dengan peran perempuan adalah Juragan 99 Garment. Industri garmen membutuhkan skill, kecerdasan dan ketelitian yang tinggi untuk menghasilkan kualitas produk maksimal. Tidak heran, 80 persen karyawan dari Juragan 99 Garment adalah para perempuan hebat yang setiap harinya berperan penting menghasilkan produk dan layanan terbaik untuk masyarakat," ujar Ganesya dalam keterangannya, dikutip Sabtu 27 April 2024. 

Seluruh karyawan Juragan 99 Garment, merupakan warga lokal yang berada di sekitar lokasi pabrik, tepatnya di kawasan Pakisaji, Malang. Kebanyakan adalah para perempuan penjahit berpengalaman, namun tak jarang ada pula yang baru mulai belajar menggeluti dunia garmen melalui pelatihan di perusahaan.

Founder J99 Corp., Shandy Purnamasari, mengatakan, semangat RA Kartini menginspirasinya untuk terus konsisten mendukung pemberdayaan perempuan, dengan mendorong mereka untuk terus memiliki skill baru, semangat belajar dan mandiri secara finansial. 

"Kami menyadari betul kalau perempuan tak hanya memiliki peran penting dalam rumah tangga sebagai istri dan ibu, tapi juga tetap bisa menjadi profesional dengan dedikasi dan kemampuan yang mereka miliki. Hal ini terbukti dengan beragam kisah karyawan perempuan kami di seluruh unit bisnis, termasuk Juragan 99 Garmen," ungkap Shandy Purnamasari. 

Selama sepekan dalam rangka Hari Kartini, karyawan di Juragan 99 Garment mengenakan kebaya selama bekerja, yang merupakan inisiatif kolektif dari para karyawan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya