Ini Akibat Remaja Memiliki Masa Kecil yang Bermasalah

Ilustrasi kekerasan seksual.
Sumber :
  • VIVAnews/Joseph Angkasa

VIVA.co.id - Berdasarkan penelitian, anak lelaki dan perempuan yang memiliki masa kecil yang bermasalah lebih, mungkin mulai berhubungan seks sebelum usia 16.

Studi ini juga menemukan bahwa anak laki-laki yang memiliki masalah sosial, cenderung memiliki hubungan seks di usia muda. Penelitian jangka panjang pada 2.900 anak-anak Australia, difokuskan pada keputusan seksual seperti yang dilaporkan sendiri oleh anak-anak.

Seperti dilansir laman Times of India, tim menemukan pada usia 17, sekitar 45 persen dari anak laki-laki dan 51 persen anak perempuan sudah pernah mengalami hubungan seksual.

"Masalah perilaku, seperti anak laki-laki usia lima tahun dan pada anak perempuan usia 10 tahun, dapat digunakan secara akurat memprediksi inisiasi dini seks," kata para peneliti.

Satu dari lima anak laki-laki dan satu dari empat anak perempuan, mengatakan mereka telah berhubungan seks untuk pertama kalinya sebelum 16 tahun, sebagian besar berumur 15 tahun.

Anak laki-laki yang memperlihatkan perilaku agresif pada usia lima tahun dan delapan tahun, terbukti dua kali lebih mungkin melakukan hubungan seks pada usia dini.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk beberapa anak-anak, orantua mungkin perlu mulai mendiskusikan seks pada usia lebih dini untuk membantu mereka membuat keputusan yang tepat. Studi ini dipublikasikan dalan jurnal Pediatrics. (asp)


Baca juga: