Berlatih Memasak Sejak Anak-anak, Kenapa Tidak?

Ilustrasi membuat kue.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Mengajari anak memasak sejak dini adalah cara yang positif untuk memperkenalkan mereka terhadap berbagai macam hal. Dari membuat makanan, membersihkan peralatan dapur sesudah memakai, memperkenalkan berbagai sayuran dan jenis-jenisnya, dan berbagai macam manfaat lainnya. 

Ketika membuat makanan saja, anak Anda belajar beberapa hal seperti mengetahui cara memasak, bahan-bahan yang digunakan, dan manfaat makanan tersebut. Anda bisa mengajarkan anak memasak bahan-bahan sehat sejak dini.  

Pada usia sebelum sekolah dasar atau taman kanak-kanak, anak-anak dapat dengan cepat menyerap berbagai informasi yang di dapat dari orangtuanya, sehingga mereka bisa dengan cepat belajar berbagai macam hal tentang masakan. 

Menurut Jenny Chandler dalam bukunya Cool Kids Cook, seperti dilansir laman Telegraph, "pada usia ini mereka benar-benar dapat mencapai sesuatu," katanya. Buku ini juga mengajarkan anak-anak tentang makanan yang dapat dimakan orang dewasa.

Mengajarkan memasak usia dini pada anak-anak, juga dapat membantu orangtua yang mempunyai anak susah makan menjadi lebih mudah. Anak-anak yang susah makan bisa merasakan makanan yang dibikin langsung olehnya. Jadi, orangtua tidak perlu pusing ketika mempunyai anak-anak yang susah makan.  

Baca juga: