5 Trik Memasak untuk Turunkan Kolesterol

Ilustrasi trik memasak
Sumber :

VIVA – Menurunkan kadar kolesterol LDL (jahat) sebenarnya tidak begitu sulit. Kamu bisa menyiasatinya dengan membuat perubahan sederhana, seperti dalam cara memasak.

5 Efek Samping Kol Goreng Bagi Kesehatan yang Perlu Diwaspadai, Bisa Memicu Kanker

Berikut tips dan trik memasak yang akan membantu mengubah makanan sehari-hari kamu menjadi lebih sehat dan rendah kolesterol, dilansir WebMD, Jumat 21 Januari 2022:

1. Pilih Biji-bijian Utuh
Baik membuat pasta, nasi atau tortilla, ganti biji-bijian biasa dengan biji-bijian utuh. Gunakan pasta gandum utuh atau beras merah dan periksa labelnya agar kamu tahu bahan yang kamu beli terbuat dari biji-bijian dan mengandung serat yang kamu butuhkan. 

5 Minuman Herbal Penjaga Kolesterol Tetap Terkendali

Chef dan Ahli Gizi, Michelle Dudash, RD, menyarankan, ganti mi dengan quinoa. Coba juga oat dan barley, yang memiliki serat larut dan bagus untuk menurunkan kolesterol. 

2. Gunakan Minyak Sehat sebagai Pengganti Mentega
Alih-alih menuangkan mentega ke penggorengan, cobalah percikkan minyak zaitun extra-virgin atau minyak canola.

7 Manfaat Tempe untuk Kesehatan Tubuh, Jadi Sumber Protein untuk Kesehatan Tulang

Pilihan yang menyehatkan jantung lainnya antara lain, minyak safflower, bunga matahari dan minyak kedelai. Gunakan untuk menggoreng ikan, unggas dan menumis sayuran.

Ilustrasi masak yang sehat.

Photo :
  • U-Report

3. Pilih Potongan Daging Tanpa Lemak
"Pilih potongan (daging) paling ramping yang tersedia, dan potong lemak yang terlihat," kata Dudash. 

Beberapa pilihan yang baik adalah tenderloin babi, 95 persen daging giling tanpa lemak, tenderloin sapi atau bagian round, chuck, sirloin dan flank. 

4. Panggang Jangan Digoreng
Alih-alih menggoreng, akan lebih baik untuk memanggangnya, baik itu daging, ayam, atau pun ikan. Hindari menambahkan garam, lemak jenuh dan lemak trans. 

Saat memanggang, letakkan di atas rak agar lemaknya terkuras. Untuk menambah rasa dan menjaga daging tetap lembap, olesi dengan jus buah, atau bumbu perendam yang lebih sehat. Jika ingin memasak telur utuh, gunakan putih telurnya saja atau pilih telur bebas kolesterol. 

5. Gunakan Peralatan Masak yang Sehat
Panci berbahan dasar granit lebih sehat daripada yang biasa atau teflon. Alat masak yang berkualitas dan sehat bisa menjadi senjata utama di dapur untuk menciptakan masakan yang sehat dan enak. 

Salah satunya BOLDe Super Pan Blackpink. Berbahan dasar coating granite, alat masak ini memiliki banyak keunggulan, seperti anti lengket dan telah lulus sertifikasi bebas Perfluorooctanoic acid (PFOA). Selain itu, panci ini juga dapat menumis tanpa minyak, sehingga masakan yang dihasilkan lebih sehat dan rendah kolesterol.

General Manager BOLDe Indonesia, Wilman Hilmani, menjelaskan, produk ini dilengkapi dengan induction bottom yang berbentuk datar, sehingga menjamin pemanasan merata ke seluruh permukaan panci. Peralatan masak ini juga dapat digunakan di kompor induksi atau kompor gas biasa.   

"Untuk menunjang gaya hidup yang modern dan sehat, sehingga BOLDe bukan hanya mengedepankan desain tapi juga kualitas," papar Wilman Hilmani.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya