HokBen Lega, Kantongi Lagi Sertifikat Halal MUI

Hoka Hoka Bento kembali kantongi sertifikat halal
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rintan Puspitasari

VIVA.co.id – Sertifikasi halal yang menempel pada identitas sebuah produk memberikan rasa nyaman bagi konsumen muslim untuk mengonsumsinya. Begitu pentingnya sertifikasi ini di mata konsumen, hingga sebuah ritel akan merasa sangat bangga jika telah mendapatkan sertifikat berlabel halal untuk produknya.

Restoran bergaya Jepang HokBen kini untuk keempat kalinya mendapatkan sertifikat halal kategori A (baik). Sejak berdiri pada 18 April 1985, restoran yang dulunya bernama Hoka Hoka Bento ini mulai mendapatkan sertifikat halal MUI (Majelis Ulama Indonesia) pada September 2008.

"September 2008 mulai mendapat sertifikat halal, jalannya juga tidak mulus, sempat ada bahan yang dikurangi, tapi itu hanya pada pewarna dalam dessert, dan sekarang produk itu sudah tidak ada lagi," kata Kartina Mangisi, Communications Division Head Communications PT Eka Bogainti kepada VIVA.co.id, saat ditemui di acara peluncuran Bento Ramadan, di Plaza Festival, Jakarta Selatan, Kamis, 9 Juni 2016.

Francisca Lucky, Marketing Communication Group Head PT Eka Bogainti, menambahkan, HokBen telah empat kali melakukan perpanjangan sertifikat halal. Selama dua tahun sekali pun mereka diaudit kembali untuk perpanjangan.

"Kami sadar masyarakat Indonesia sangat selektif dan hati-hati saat memilih makanan yang dikonsumsi. Maka kami merasa memiliki sertifikat halal MUI adalah hal yang sangat penting," kata Lucky.

Sebelum MUI menerbitkan sertifikat halal untuk restoran, Lucky melanjutkan, LPPOM MUI telah melakukan proses audit ke seluruh outlet, dapur, hingga gudang.

“Jadi kalau komisi fatwa MUI menetapkan halal, maka akan dikeluarkan fatwa tertulis dalam bentuk sertifikat halal,” ujarnya.

Bersamaan dengan didapatnya kembali sertifikat halal tersebut, di bulan Ramadan ini, restoran dengan 150 gerai di Pulau Jawa dan Bali ini mengeluarkan paket Bento Ramadan.

Terdiri dari nasi, salad, chicken teriyaki atau chicken yakiniku, beef teriyaki atau beef yakiniku, dan menu serba goreng seperti egg chicken roll, shrimp roll, spicy chicken atau ebi furai. Paket tersebut ditawarkan mulai harga Rp35.910 hingga Rp 48.182, termasuk nata de coco serta teh.