Pesta Tahun Baru di Ancol, Mulai Wali Band Hingga Tari Kecak

Dufan, Ancol.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Edwin Firdaus

VIVA – Malam pergantian Tahun 2017, Taman Impian Jaya Ancol telah menyiapkan serangkaian acara menarik untuk masyarakat ibu kota.

Menyuguhkan pertunjukan bertajuk Pesona Indonesiaku,  Ancol menghadirkan kolaborasi musik yang berpadu dengan kebudayaan khas Nusantara.

Direktur Utama Taman Pembangunan Jaya Ancol, C. Paul Tehusijarana menyebut kegiatan perayaan tahun baru yang akan dipusatkan di 4 lokasi, yakni di Pasar Seni, Taman Lumba-Lumba, Pantai Lagoon, dan Pantai Carnaval ini bertujuan untuk menunjukkan keberagaman yang ada di Indonesia.

"Bukan hanya musik tertentu tapi keragaman budaya Indonesia. Kita ingin Ancol jadi tempat yang menunjukkan Indonesia punya kekayaan budaya yang banyak dan bisa dibanggakan," ungkapnya saat konferensi pers di Segarra Ancol, Rabu, 27 Desember 2017.

Lebih lanjut, General Manager Taman Pembangunan Jaya Ancol Sunarto menyebut beberapa kegiatan yang bisa dilakukan selama menyambut pergantian tahun tersebut, pengunjung bisa menikmati sajian budaya Nusantara.

Pada tanggal 31 Desember 2017 hingga 1 Januari 2018, sentuhan Budaya Betawi dan Jawa hadir di Pasar Seni.

"Pengunjung bisa menyaksikan beragam hiburan seperti campur sari, pencak silat, panggung musik hingga lenong bocah," jelasnya.

Kemeriahan tahun baru juga diselenggarakan di Pantai Lagoon. Pengunjung dapat menikmati pertunjukan musik di atas panggung apung dengan penampilan LED dance dan percussion, serta penyanyi Edo Kodolongit. Tak ketinggalan pertunjukan musical fireworks selama 15 menit.

Dengan tema Budaya Bali dan Indonesia Timur ini, pengunjung juga mendapat kesempatan untuk menyaksikan Tari Kecak, Barong, dan Sajojo.

Ada pun perayaan Tahun Baru di Taman Lumba-lumba, ada festival kuliner nusantara yang dibarengi beragam seni budaya daerah seperti Reog Ponorogo, Tari Saman, dan budaya Kalimantan.

"Pada tanggal 1 Januari kami ada penampilan dari kangen band," tambahnya.

Untuk acara utama pergantian tahun akan dipusatkan di Pantai Karnaval Ancol. Bekerja sama dengan stasiun televisi swasta, Ancol menggelar kegiatan dengan tema Gempita Festival 2018 pada 31 Desember 2017, akan dimulai sejak pukul 19.00 hingga pukul 02.00 WIB.

"Akan ada 5 band besar Wali, Setia Band, Armada, Kotak, Five Minutes. Akan ada kolaborasi zaman now, ada dj zaman now, dangdut koplo zaman now, dan yang paling ditunggu-tunggu count down pergantian tahun," jelasnya.