Menag Sambut Jemaah Calon Haji Kloter Pertama Jatim di Asrama

Jemaah calon haji kloter pertama tiba di Asrama Haji Surabaya, Jawa Timur, pada Jumat, 5 Juli 2019.
Sumber :
  • VIVA/Nur Faishal

VIVA – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menyambut kedatangan jemaah calon haji kelompok terbang (kloter) pertama dan kedua yang tiba di Asrama Haji Surabaya, Jawa Timur, pada Jumat pagi, 5 Juli 2019. Dia menjelaskan dan memberikan arahan tentang segala hal tentang pelaksanaan ibadah haji.

Jemaah dua kloter pertama itu berasal dari Kabupaten Magetan sebanyak 445 orang, Ngawi 315 orang, Ponorogo 62 orang, dan Kota Surabaya 68 orang. Menggunakan bus, mereka tiba di Asrama Haji Surabaya di Sukolilo sekira pukul 07.00 WIB.

Begitu masuk, jemaah langsung dikumpulkan di Hall Mina untuk Kloter 1 dan Hall Zaitun untuk Kloter 2. Di sana, mereka menjalani proses pemeriksaan dokumen, kesehatan, dan lainnya terkait perjalanan haji. Dua jam kemudian, Lukman didampingi Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa datang menyapa jemaah.

Pengamatan VIVA di lokasi, Lukman memberikan arahan di hadapan jemaah Kloter 1 yang dikumpulkan di Hall Mina. Jemaah Kloter 2 di Hall Zaitun secara bergiliran dan berkelompok-kelompok diarahkan petugas keluar untuk mencari kamar mereka beristirahat selama menunggu terbang.

Dalam pesannya, Lukman meminta jemaah agar membawa nama baik Indonesia saat melaksanakan ibadah haji di Arab Saudi. Kata Lukman, selama ini pemerintah Arab Saudi memuji perilaku warga Indonesia selama berada di Tanah Suci. "Mari berdoa semoga Allah senantiasa memberikan kekuatan kepada kita selama melaksanakan ibadah haji dan menjadi predikat haji yang mabrur," ujarnya.

Sesuai jadwal, jemaah Kloter 1 dan 2 akan diterbangkan melalui Bandara Internasional Juanda Surabaya menuju Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz di Madinah, Arab Saudi, pukul 03.00 WIB, Sabtu, 6 Juli 2019. Paginya, akan menyusul masuk ke Asrama Haji Surabaya jemaah Kloter 3, 4, dan 5. [mus]