Eksotisme Jabal Rahmah di Padang Arafah

Bukit Jabal Rahmah di kawasan Arafah, Mekah, Arab Saudi
Sumber :
  • VIVA/Beno Junianto

VIVA – Jabal Rahmah menjadi salah satu tempat yang kerap dikunjungi jemaah selama ibadah umrah maupun musim haji. Berlokasi di Padang Arafah, bukit berbatu itu terletak sekitar 25 kilometer sebelah tenggara kota Mekah.

Tak hanya dari Indonesia, jemaah haji dari berbagai penjuru dunia sering menyempatkan untuk mengunjungi bukit ini. Terdapat tugu putih di puncak Jabal Rahmah, yang dibangun untuk mengenang pertemuan Nabi Adam dan Siti Hawa yang diyakini terjadi di bukit ini.

Saat Wukuf, bukit ini juga selalu dijejali jemaah haji dari penjuru dunia. Wujudnya yang berupa bukit berbatu yang menggunung membuat Jabal Rahmah memiliki daya tarik tersendiri.

Ketika sampai di atas bukit, jemaah juga dapat menyaksikan pemandangan luas Padang Arafah. Bahkan, saat musim haji, akan terlihat lebih indah, karena nuansa putih mendominasi.

Ditandai dengan tenda-tenda putih jemaah dari berbagai negara dan jutaan jemaah haji yang berpakaian ihram.

"Bagus di sini untuk foto-foto," ucap jemaah asal Malaysia beberapa waktu lalu kepada petugas haji Daker Mekah.

Tak hanya jemaah dari Malaysia, dari India, Turki, Bangladesh pun tak ingin melewatkan momen kebersamaan dengan berfoto di Jabal Rahmah. Pemandangan bukit lainnya juga menjadi spot menarik.

"Di belakang Jabal Rahmah juga ada bukit-bukit lain. Jadi bagus untuk foto-foto pribadi," ucap jemaah tersebut.

Jemaah yang doyan kuliner juga tak perlu khawatir, di sekitar Jabal Rahmah juga tersedia banyak penjaja makanan serta minuman. Ada tukang minuman panas seperti kopi dan teh, juga ada es krim ala Turki.

"Harganya 5 riyal. Lezat," tutur sang penjual.

Jika ingin membeli pernak-pernik untuk oleh-oleh juga bisa jemaah temui di sini. Penjual batu akik, serban, kipas, gantungan kunci, hingga selendang, dijajakan oleh pedagang India.

Bagi jemaah haji Indonesia yang memiliki waktu longgar, silakan berkunjung ke situs bersejarah di kota Mekah ini.