Universitas Petra Ajarkan Manajemen Mal

Swalayan
Sumber :
  • VivaNews/ Nurcholis Anhari Lubis

SURABAYA POST – Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Petra mengandeng City of Tomorrow (Cito) meresmikan Pusat Aktivitas Mall and Retail di City of Tomorrow.

Pusat aktivitas mal dan retail itu digunakan untuk kelas Applied Corse in Mall and Retail Management. "Program ini adalah yang pertama kalinya menggabungkan antara pendidikan dengan mal," ungkap Diah Dharmayanti, Dekan Fakultas Ekonomi UK Petra di sela penandatanganan kerjasama, kemarin.

Kelas itu akan mengajak mahasiswa untuk fokus pada operasional sebuah mal. Selain itu mahasiswa diajarkan bagaimana memanjakan konsumen, baik itu teenant (penyewa stan mal) maupun konsumen ritel yang berbelanja di mal.

Melalui program ini mahasiswa diajarkan mengamati perkembangan bisnis ritel dan pola segmen pasar yang akan dibidik.

Menurut Diah, melalui kerja sama ini, mahasiswa diajak untuk merasakan langsung atmosfer dunia usaha dan melakukan self research terhadap perkembangan yang terjadi. Dipilihnya Cito, lanjutnya, karena memiliki target segmentasi pasar yang unik.

"Mereka tidak hanya membidik pasar yang paling atas, atas, atau menengah saja, tetapi bisa menembak semua segmen," kata sembari menyebut mata kuliah ini diberikan pada mereka yang sudah menginjak semester enam.


Laporan: Yopi Widodo