Serinata Disambut Meriah Para Tahanan

Sumber :

VIVAnews – Sambutan meriah didapat mantan Gubernur Nusa Tenggara Barat, Lalu Serinata ketika sampai di ‘rumah barunya’ di Lembaga Pemasyarakatan Mataram, Jalan Pariwisata, Mataram. Serinata resmi berstatus tahanan Kejaksaan Tinggi Nusa Tenggara Barat, Senin 27 Oktober 2008.

”Selamat datang bapak Gubernur, mari bergabung bersama kami,” teriak para napi yang melihat kedatangan Serinata. Menurut informasi, saat menjabat sebagai Gubernur Nusa Tenggara Barat periode 2003-2009, Serinata  sering mengunjungi Lapas Mataram.

Meski mantan orang nomor satu di Nusa Tenggara Barat, Serenita takakan mendapat perlakuan khusus. Pelaksana Harian Kepala Lapas Mataram, I Gede Ketut Artha  mengatakan begitu diserah terimakan, Serinata langsung mendapat pakaian khusus tahanan berwarna oranye. “Dia sudah dipakaikan baju tahanan dan sudah kita berikan tikar untuk tempatnya beristirahat,”kata Artha kepada VIVAnews, Senin 27 Oktober 2008.

Serinata, katanya, berada di Blok Kasturi dan menempati ruangan berukuran 4 X 6 meter yang ditempati 17 orang tahanan kasus korupsi.

Kondisi terakhir Serinata, kata Artha, masih sehat. Meski, Serinata yang juga Ketua DPD Partai Golkar Nusa Tenggara Barat belum bisa menghilangkan ketegangan usai menjalani pemeriksaan di Gedung Kejaksaan Tinggi Nusa Tenggara Barat, hingga proses penahanannya.

Hingga satu jam didalam tahanan belum satupun pihak keluarga Serinata yang datang menjenguk. Menurut Artha, pihak Lapas tetap konsisten menjalankan aturan besuk. “Kan sudah ada jadwal membesuk, kalau hari ini tidak boleh ada yang membesuk,” katanya.

Selain Serinata, Kejaksaan Tinggi Nusa Tenggara Barat diperkirakan akan menahan tiga mantan wakil ketua DPRD NTB tahun 1999-2003 yang juga sebagai wakil ketua Panitia Urusan Rumah Tangga (PURT) yakni  Achmat Hidayat, Abdul Kappi dan Abdurrahim.

Kejaksaan telah menetapkan ketiganya sebagai tersangka, namun pemeriksaan lanjutan untuk ketiganya masih menunggu izin tertulis dari Mendagri. Edy Gustan/Mataram.