Gawat, Adik Perempuan Kim Jong-un Ancam Serang Korsel

VIVA Militer: Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un, dan adiknya, Kim Yo-Jong
Sumber :
  • Forbes

VIVA – Ketegangan antara Korea Utara (Korut) dan Korea Selatan (Korsel) diprediksi akan semakin meninggi. Sebab, baru-baru ini Kim Yo-jong, mengancam akan mengerahkan militer Korut untuk menyerang Korsel.

Seperti yang diketahui, nama Yo-jong pernah mencuat saat beberapa waktu lalu sang kakak yang merupakan Pemimpin Tertinggi Korut, Kim Jong-un, dikabarkan sakit. Yo-jong yang merupakan adik Jong-un, menjadi kandidat kuat pengganti sang kakak yang diisukan tengah sakit keras saat itu.

Dikenal sama kejamnya dengan Jong-un, Yo-jong menegaskan bahwa Korut akan segera memutus hubungan dengan Korsel. Tak hanya itu, Yo-jong juga menyebut akan mengambil tindakan yang diterjemahkan oleh pemerintah Korsel sebagai ancaman militer.

"Sudah waktunya untuk memutus hubungan dengan pihak berwenang Korea Selatan. Kami akan segera mengambil tindakan selanjutnya," ucap Yo-jong dikutip Kantor Berita Pusat Korea (KCNA).

Pernyataan Yo-jong sontak membuat pemerintah Korsel panik, dan langsung mengadakan pertemuan darurat. Ancaman Yo-jong membuat Kementerian Pertahanan Korea menginstruksikan Angkatan Bersenjata Korea Selatan (ROK Armed Forces) untuk menyiapkan seluruh armada militernya.

"Militer Korea Selatan mempertahankankan kesiapan militer yang tegas, untuk menaggapi semua situasi," bunyi pernyataan Kementerian Pertahanan Korea Selatan, dikutip Washington Examiner.

Pernyataan keras Yo-jong tak lepas dari sejumlah aksi aktivis Korsel yang memasuki wilayah Korut secara ilegal. Tak cuma itu, para aktivis ini juga menyebar selebaran anti-Pyongyang, dan membuat pemerintah Korut murka.