KRI Teuku Umar 385 TNI Latihan Perang Bareng India

VIVA Militer: KRI Teuku Umar 385
Sumber :
  • Instagram TNI AL

VIVA – Sebagai bentuk implementasi kebijakan KSAL Laksamana TNI Yudo Margono dalam menciptakan situasi kondusif, KRI Teuku Umar 385 dikirim ke wilayah perbatasan melalui diplomasi Angkatan Laut untuk melakukan latihan bersama dengan Angkatan Laut India.

Kegiatan latihan rutin yang dilakukan TNI AL melalui Guskamla Koarmada I sebagai bentuk kerjasama bilateral antara Indonesia dan India melalui Patroli Terkoordinasi India-Indonesia (Patkor Indindo-35/20).

Bersama dengan satu kapal AL milik India INS Kulish P-63, KRI Teuku Umar 385 laksanakan kegiatan Rendezvous atau RV (tugas patroli bertemu) dan latihan bersama. Tidak hanya itu, kedua kapal perang ini juga melangsungkan patroli laut guna mengamankan wilayah masing-masing.

Kegiatan latihan RV berlangsung selama dua hari terhitung sejak Senin 15 Juni 2020 hingga Selasa 16 Juni 2020. Berada di bawah Guskamla Koarmada I, KRI Teuku Umar 385 dipimpin oleh Komandan KRI atas nama Letkol Laut (P) Nyoman Gede Pradnyana dalam melasanakan sesi latihan INS Kulish P-63.

Menurut informasi yang diterima dari akun Instagram TNI AL Selasa 16 Juni 2020, sesi latihan yang dilakukan kedua kapal perang itu meliputi Commcheck, SURFEX-991 (latihan prosedur identifikasi kontak/hailing), MISCEX-830 (latihan manuver taktis), Photoex.

Selain itu mereka juga melaksanakan Flaghoist Drill (latihan pengibaran bendera morse), MISCEX-805 (latihan prosedur pembekalan di laut), dan Steam Fast (peran parade atau penghormatan antar kapal).

“Saya berharap agar setiap prajurit senantiasa menampilkan performa terbaiknya dalam setiap event dan melaksanakannya dengan sungguh-sungguh,” kata Komandan Guskamla I, Laksma TNI Yayan Sofiyan.

Pangkoarmada I, Laksda TNI Ahmadi Heri Purwono juga menyampaikan bahwa kegiatan Patkor Indindo-35/20 yang sedang dilaksanakan ini adalah sebagai salah satu komitmen Indonesia, khususnya TNI AL.

Sehingga kegiatan latihan ini dapat meningkatkan hubungan bilateral kedua negara antara Indonesia dan India, serta menjalankan peran TNI AL dalam bidang diplomasi internasional.