TNI Berduka, Petrus Fahik Meninggal Dunia

VIVA Militer: Prosesi pemakaman Petrus Fahik.
Sumber :
  • Yonarmed 3/105 Tarik

VIVA – Kabar duka datang dari dunia militer Nusantara, salah satu prajurit TNI pejuang kemerdekaan Republik Indonesia, telah berpulang untuk selamanya.

Dari informasi yang diterima VIVA Militer, Senin 28 Desember 2020, pejuang kemerdekaan itu bernama Petruk Faik Bere. Beliau meninggal dunia di usia 77 tahun.

Petruk Fahik tercatat sebagai anggota Veteran Republik Indonesia yang berasal dari Desa Alas Selatan, Kecamatan Kobalima Timur, Kabupaten Malaka, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Prosesi pemakaman almarhum Petrus Fahik dilangsungkan secara militer. Pemberian penghormatan terakhir dilakukan prajurit TNI dari Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan RI-Timor Leste dari Batalyon Artileri Medan 3/105 Tarik alias Yonarmed 3 Naga Pakca, Kodam IV Diponegoro.

Menurut Komandan Satgas Yonarmed 3/105 Tarik, Letnan Kolonel Arm Laode Irwan Halim, upacara militer dalam proses pemakaman dilakukan prajurit TNI sebagai penghormatan dan penghargaan kepada almarhum atas jasa-jasanya selama masa perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

"Rasa haru atas kepergian beliau kami rasakan mulai dari proses penggalian, pemberangkatan, hingga pemakaman. Sebagai bentuk penghormatan terakhir kepada almarhum, segenap jajaran Satgas Yonarmed 3/105 Tarik mengucapkan turut berbela sungkawa yang sebesar-besarnya dan kami juga berterimakasih kepada almarhum Petrus Fahik Bere atas jasa-jasa selama berjuang untuk kedaulatan negara ini serta kepada seluruh lapisan masyarakat yang terlibat langsung prosesi pemakaman sehingga dapat berjalan dengan tertib dan lancar," kata Letkol TNI Laode.