Halo
Pembaca

VIVANetworks

News

Bola

Sport

Showbiz

LifeStyle

Otomotif

Digital

Ragam

Militer

Netizen

Lintas

Informasi

Ngeri, Perintah Maut Jenderal Benny Buat Kapten Kopassus TNI

Jumat, 22 Januari 2021 | 18:50 WIB
Foto :
  • Twitter/@H_Sutiyoso
VIVA Militer: Letjen TNI (Purn.) Sutiyoso (kiri) saat masih berdinas

VIVA – Salah satu kemampuan prajurit satuan elite Komando Pasukan Khusus (Kopassus) adalah menjalankan misi rahasia dan taktik penyusupan. Hal ini lah yang pernah diperintahkan oleh Jenderal TNI (Purn.) Leonardus Benyamin Moerdani, kepada seorang prajurit Kopassus Berpangkat Kapten.

Menurut catatan yang dikutip VIVA Militer dari buku Benny Moerdani yang Belum Terungkap, Benny pernah menduduki posisi sebagai Asisten Intelijen (Asintel) Departemen Pertahanan dan Keamanan (Dephankam) saat masih berpangkat Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI.

Baca Juga

Saat itu, Benny memanggil seorang Perwira Pertama (Pama) TNI Angkatan Darat bernama Sutiyoso. Ya, Sutiyoso kelak menjadi seorang Perwira Tinggi (Pati) TNI Angkatan Darat, dan sempat menjabat posisi sebagai Wakil Komandan Jenderal (Wandanjen) Kopassus dan Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) Jaya/Jayakarta.

Ya, Sutiyoso mengakhiri kariernya di dunia militer dengan pangkat Letnan Jenderal (Letjen) TNI. Setelah itu, Sutiyoso sempat menjadi Gubernur Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta. Selain itu, Sutiyoso juga pernah menjabat sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN).

Tepatnya pada tahun 1974, Benny memberikan instruksi kepada Sutiyoso untuk melakukan penyusupan ke daerah konflik Timor-Timur. 

Topik Terkait
Saksikan Juga
Terpopuler