Waspada, Gunung Tempat Latihan Kopassus TNI Diguncang Gempa

VIVA Militer: Gunung Lawu
Sumber :
  • Repro Google Map\

VIVA – Gempa bumi dilaporkan telah mengguncang daratan Pulau Jawa. Pusat gempa terdeteksi berada di sekitar kawasan gunung yang selama ini menjadi tempat latihan pasukan khusus militer Indonesia.

Berdasarkan informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) PGR-VII dilansir VIVA Militer, Senin 1 November 2021, gempa bumi terpantau memiliki magnitude 2,9.

Pusat gempa di daratan sekitar 18 kilometer barat daya Magetan, Jawa Timur, atau berada di sekitar kawasan Gunung Lawu. Dengan titik koordinat 7.72 Lintang Selatan, 111.19 Bujur Timur.

Pusat gempa berada pada kedalaman 14 kilometer, dan dirasakan pada skala MMII di Tawangmangu dan Sarangan. Gempa terjadi pada pukul 07:46:35 WIB.

Perlu diketahui, Gunung Lawu lokasi di mana prajurit TNI dari Komando Pasukan Khusus (Kopassus) berlatih. Pasukan Baret Merah yang memusatkan latihan di Gunung Lawu ialah dari Grup 2 Kopassus Kandang Menjangan. Bahkan, puncak gunung berketinggian 3.265 meter dari permukaan laut (mdpl) merupakan tempat pengukuhan anggota baru Kopassus.

Gunung Lawu tak menjadi tempat latihan tempur Kopassus tapi juga menjadi lokasi pendakian. Gunung ini merupakan salah satu gunung tertinggi di Pulau Jawa, letaknya berada tepat di perbatasan antara Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Baca: Kabar Duka TNI, Pelda Sunarto Meninggal Dunia di Yogyakarta