Produksi Motor Listrik RI Ditargetkan Dua Juta Unit pada 2025

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita.
Sumber :
  • Fikri Halim/VIVAnews.

VIVA – Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita, menargetkan produksi sepeda motor di Indonesia mencapai 10 juta unit per tahun pada 2025. Hal itu diungkapkan Agus di acara IIMS Motobike Expo 2019 di Istora Senayan, Jakarta.

Dari total produksi itu, dia mengharapkan, sebanyak 1 juta kendaraan bisa ditujukan untuk ekspor pada 2025. Selain itu, sebanyak 20 persen dari total produksi atau 2 juta unitnya adalah sepeda motor listrik.

"Ini tentu paralel dengan ambisi target dari pemerintah bahwa tahun 2030 Indonesia harus bisa menjadi pusat atau center dari kendaraan listrik yang ada di Asia Tenggara," kata Agus, Jumat 29 November 2019.

Sejak 2010 hingga 2018, Agus menuturkan bahwa produksi sepeda motor nasional rata-rata sudah mencapai 6,5 juta unit per tahun. Sementara itu, dalam periode Januari-Oktober 2019 produksi sepeda motor Indonesia tercatat sudah mencapai 6,2 juta unit.

"Di mana penjualan domestik sebesar 5,5 juta unit dan sisanya ekspor ke berbagai negara tujuan. Termasuk di antaranya Filipina, Thailand, Bangladesh, Kamboja, Malaysia, Vietnam bahkan Jepang," tutur dia.

Dia juga bersyukur sudah banyak komponen dan industri pengolahan lokal yang turut tumbuh sejalan dengan produksi tersebut.

"Kondisi sepeda motor nasional sudah berkembang dengan baik dan memberikan kontribusi yang cukup besar, bagi perekonomian nasional melalui peningkatan ekspor, investasi, dan penyerapan tenaga kerja," tutur dia.