Bensin Mahal, Toyota Prius Makin Diburu

Toyota Prius
Sumber :
  • Toyota Motor Co

VIVAnews - Toyota Motor Corp menyatakan penjualan Prius di Amerika Serikat akan kembali meningkat setelah tersedianya pasokan kendaraan hibrida dari Jepang. Prius merupakan hibrida paling laris yang diluncurkan sejak 2007, namun pada Oktober lalu penjualan turun hingga 9,4 persen karena kekurangan pasokan.

Selain pasokan, faktor penting lainnya adalah harga bahan bakar. Presiden Toyota AS Jim Lentz mengatakan, penjualan mobil bermesin gabungan bensin dan listrik ini akan meningkat seiring dengan naiknya harga bahan bakar.

Hal yang sama pernah terjadi saat rata-rata harga bensin tanpa timbal di AS mencapai rekor US$ 4,114 per galon pada 17 Juli 2008, saat itu harga mobil hibrida melonjak tajam.

Lentz mengatakan, Toyota AS menargetkan penjualan 16.000 unit dari model plug-in pada 2012. "Penjualan Prius akan jauh lebih baik pada November dan seterusnya," kata Lentz, seperti dikutip dari laman Automotive News, Senin 21 November 2011.

Penjualan ini diharapkan bisa meningkatkan portofolio Toyota di AS, setelah mengalami penurunan penjualan akibat gempa dan tsunami pada Maret lalu. Toyota menguasai 70 persen pasar mobil hibrid di AS.

Harga rata-rata bensin tanpa timbal di AS saat ini dipasarkan US$3,38 per galon. Harga ini, menurut laporan AAA,  17 persen lebih mahal dari setahun lalu. "Harga ini kemungkinan naik lagi saat masuk 2012," kata laporan itu. (eh)