Suka Modifikasi, Penjualan Ban Tinggi

Ban Michelin
Sumber :
  • IBTimes

VIVAnews - Indonesia adalah pangsa sepeda motor terbesar ketiga di dunia. Pasar ini sangat menjanjikan bagi produk turunannya, seperti suku cadang, termasuk ban. "Sebab, penjualan ban sepeda motor selalu berbanding lurus denganpenjualan sepeda motor," kata President Director of Michelin Indonesia (Michelindo), Jean Pierre Kopp, saat peluncuran ban motor Michelin di Jakarta, Sabtu 26 November 2011.

Berdasarkan survei yang dilakukan Michelindo, kata dia, pengendara motor di negera ASEAN menunjukkan, orang Indonesia lebih suka mempercantik dan memodifikasi motor dengan berbagai merek-merek ternama dan berkualitas premium.

Hal Itu juga diperkuat dengan pertumbuhan penjualan ban motor di Indonesia. Hingga semester I 2011, menurut catatan Asosiasi Perusahaan Ban Indonesia (APBI), total penjualan ban roda dua mencapai sekitar 20,21 juta unit. Angka tersebut naik 6,63 presen dibandingkan periode yang sama tahun 2011 sebanyak 18,87 juta unit.

Sedangkan pertumbuhan penjualan sepeda motor rata-rata mencapai 20 persen per tahun. "Ini yang jadi alasan kami meluncurkan ban untuk kategori sepeda motor," kata Managing Director PT Michelindo Mitra Abdi, Jemmy Tantoro.

PT Michelindo Mitra Abdi, importir dan distributor tunggal ban Michelin untuk Indonesia, meluncurkan ban sepeda motor baru berkualitas premium dengan Standar Nasional Indonesia (SNI). Michelindo meluncurkan tiga kategori ban motor sekaligus. Pertama, jenis Pilot Sporty untuk dragbike dan motor sport. Kedua, tipe M29S untuk motor skutik. Dan ketiga, tipe M85, jenis ban untuk motor bebek.

Dari ketiga produk ban yang diluncurkan memiliki jenis yang berbeda. Untuk jenis Pilot Sporty, cocok untuk dragbike dan motor sport. Michelin menciptakan ban jenis ini dengan performa tinggi. Alur ban diadopsi dari ban motor besar Michelin Pilot Sport, yang digunakan oleh motor 100 cc hingga di atas 1000 cc.

Keunggulan lainnya ada daya cengkram istimewa di permukaan kering dan basah, sehingga cocok untuk segala cuaca. Michelindo menyediakan semua ukuran ban sepeda motor di jenis Pilot Sporty ini, mulai 60/90-17 TT 30S hingga 100/80-16 TL 50P.

Sedangkan untuk tipe M29S, cocok buat kendaraan motor skutik. Michelin menyeut jenis ban ini sebagai ban 'don't worry'. Keunggulan ban tersebut, antara lain desain alur yang unik memberikan daya cengkram yang optimal di segala cuaca, baik kering maupun basah. Tingkat stabilitas dan handling juga sangat baik, sehingga menjadikan berkendara setiap hari. Untuk jenis ini, Michelin menyediakan semua ukuran.

Adapun untuk tipe M85, Michelin mendesain ban ini khusus untuk bebek sport. Dengan model alur semi-slick, compound karet lunak, serta desain yang besar, ban ini memberikan ekstra daya cengkram saat akselerasi dan menikung.

"Dengan teknologi produksi yang canggih, quality control yang sangat ketat dan desian istimewa. Kami sangat percaya jika ban motor Michelin akan memberikan keamanan dan kenyaman berkendara kepada semua konsumen di tanah air," ujar Jemmy.

Di Indonesia, harga ban motor produk Michelin ini ditawakan pada kisaran harga mulai Rp200-600 ribu per unit. Untuk tipe M29S (ban khusus matik) dibanderol dengan kisaran harga Rp230-276 ribu. Kemudian untuk tipe M85 (ban motor bebek) dilepas dengan harga Rp230-292 ribu. Adapun tipe Pilot Sporty dijual dengan harga Rp270-720 ribu.

Jemmy menambahkan, di tahun 2012, pihaknya menargetkan penjualan ban motor Michelin bisa mencapai 400.000 unit. Untuk merealisasikan target tersebut, Michelindo Mitra Abadi akan menambah jumlah distributor hingga mencapai 28-30 di seluruh Indonesia. "Saat ini jumlah distributor kami sekitar 10 di berbagai kota besar Indonesia. Kami juga akan memasarkan ban ini ke bengkel-bengkel modifikasi motor," ujarnya.