10 Fitur Kekinian di Toyota Avanza Baru

Bocoran New Toyota Avanza Veloz 2019
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Sudah 15 tahun Avanza menemani keluarga Indonesia. Sebanyak lebih dari 1,7 juta unit mobil keluarga yang masuk dalam segmen multi purpose vehicle kasta terendah itu dilepas ke pasar.

PT Toyota Astra Motor sebagai agen pemegang merek, berencana menghadirkan versi barunya. Menurut bocoran dari beberapa wiraniaga diler, peluncuran akan dilakukan dalam waktu tidak lama lagi.

Foto-foto wujud mobil berkapasitas tujuh penumpang itu juga sudah banyak tersebar di media sosial. Dilansir dari akun Instagram @indra_fathan, Senin 7 Januari 2019, ada beberapa fitur canggih dan kekinian yang dipasang pada New Avanza. Berikut ini daftarnya:

1. Tombol start stop engine

Tombol ini berfungsi untuk menghidupkan mesin, tanpa perlu menggunakan anak kunci. Fitur ini merupakan bagian dari sistem immobilizer atau keamanan, yang dipasang untuk mencegah pencurian kendaraan.

2. Retractable rear view mirror

Selain bisa mengatur sudut kaca spion luar, pengemudi juga dapat melipat rumah spion saat parkir. Ini sangat berguna saat mobil harus diletakkan di tempat yang sempit.

3. Sistem hiburan layar sentuh

Avanza baru dikabarkan sudah menggunakan layar hiburan dengan teknologi layar sentuh. Ukurannya enam inci, dan mendukung fitur mirroring. Sehingga, penumpang dapat memutar video yang ada di gawai.

4. Pendingin kabin digital

Fitur ini memungkinkan pengemudi untuk mengatur suhu kabin dengan lebih presisi. Selain suhu, tersedia pengatur putaran kipas pendingin.

5. Kamera mundur

Avanza baru varian tertinggi, yakni Veloz, disebut-sebut sudah dibekali dengan sistem pemandu saat pengemudi hendak memarkir kendaraan mereka. Gambar situasi belakang mobil akan ditampilkan melalui layar di sistem hiburan.

6. Soket 12 Volt di konsol tengah

Penumpang yang duduk di baris kedua dapat mengisi ulang gawai mereka melalui soket ini. Daya yang tersedia yakni 12 Volt dan 60 Watt, atau sekitar 5 Ampere.

7. Soket USB di baris belakang

Tidak hanya penumpang yang duduk di tengah, mereka yang berada di baris belakang juga bisa mengisi ulang gawai melalui soket berbentuk USB.

8. Lampu LED

Penerangan utama Avanza baru sudah mengadopsi teknologi light emiting diode atau LED. hasilnya, konsumsi listrik yang dibutuhkan berkurang, namun pencahayaan yang dihasilkan lebih terang.

9. Layar hiburan untuk penumpang belakang

Sama seperti Veloz lawas, generasi terbarunya dilengkapi dengan layar hiburan untuk penumpang belakang. Letaknya tepat di bawah pendingin kabin yang dipasang di atap.

10. Tatakan minuman di belakang konsol tengah

Mereka yang duduk di baris kedua dapat menaruh minuman di tatakan khusus. Letaknya ada di belakang konsol tengah, tepat di atas soket 12V. (kwo)