Pembeli Avanza Model Baru Membludak, Inden Sampai Dua Bulan

New Toyota Avanza Veloz 2019
Sumber :
  • VIVA/Jeffry Yanto

VIVA – Di tengah gempuran pasar, PT Toyota Astra Motor (TAM) merilis Avanza dan Veloz baru pada 15 Januari 2019 lalu. Dengan penambahan fitur dan perubahan desain, harga Avanza baru mengalami perubahan.

Mobil berjenis Low Multi Purpose Vehicle tersebut masih dijual mulai dari Rp191,1 juta sampai Rp239,45 juta on the road DKI Jakarta.

Sejak dirilis, produsen mobil Toyota di Tanah Air tersebut mengaku telah mengantongi pemesanan hingga 15 ribu unit sampai saat ini. Seperti yang disampaikan Direktur Marketing PT TAM, Anton Jimmy.

Dia mengatakan, mulai dari pertengahan Januari tahun ini, sampai sekarang jumlah Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) Avanza dan Veloz baru sudah sekitar 15 ribu unit.

Dengan membludaknya jumlah pemesanan, produsen mobil Toyota di Tanah Air itu mengaku masih mempunyai utang sekira sembilan ribu unit. Sebab, menurut Anton pengiriman dari pabrik ke diler pada awal tahun hanya 5.568 unit, sehingga membuat antrean alias inden banyak ditemukan.

"Indennya itu satu setengah bulan sampai dua bulan. Paling banyak Avanza tipe G 1.3 sampai 50 persen, Veloz 30-35 persen dan kebanyakan 1.5 ada kenaikan. Pas launching Avanza sebelumnya juga Veloz naik duluan. Tapi kami masih monitor apakah tetap besar," katanya di Yogyakarta, Rabu 27 Februari 2019.

Dia berharap produksi Avanza dan Veloz bisa stabil untuk memenuhi permintaan konsumen. "Ngejar inden mungkin Maret bisa 7.500 unit. Karena Februari hari kerjanya sedikit, jadi pengiriman unit mungkin 6.000 unit," tuturnya. (kwo)