Daihatsu Sudah Uji Jalan Thor di Indonesia, Ada Tapinya

Daihatsu Thor.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Jeffry Yanto

VIVA – Thor menjadi salah satu model kendaraan yang dijual di Jepang. PT Astra Daihatsu Motor sebagai perwakilan resminya, sempat memajang mobil mungil tersebut di pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show 2019, Juli lalu.

Tak hanya dipajang, Thor diketahui juga diuji jalan di Tanah Air. Meski demikian, pengujian tersebut hanya menjadi salah satu aktifitas, yang biasa dilakukan oleh tim research and development (R&D) Daihatsu di Indonesia.

Direktur Pemasaran ADM, Amelia Tjandra mengatakan, meski sudah dipajang di pameran otomotif dan diuji jalan, perwakilan resmi merek otomotif Jepang itu tidak berencana memasukan Thor ke dalam jajaran produk yang dijual untuk masyarakat.

“(Uji coba) itu adalah program dari aktifitas R&D Daihatsu, mencoba mobil-mobil yang memang sudah kami masukan waktu itu untuk pameran otomotif," ujarnya di Jakarta, Senin 7 Oktober 2019.

Baca juga: Sudah tahu belum, bikin sim sebaiknya gak pakai baju biru

Amel mengatakan, uji coba dilakukan hanya untuk mengetahui performa mesin berkapasitas 1.000cc yang dilengkapi dengan turbo. Mesin ini diketahui menjadi jantung penggerak Thor yang dipasarkan di Negeri Sakura.

Menurutnya, mesin kecil dengan mesin turbo bisa menjadi pilihan menarik bagi kaum muda. Meski demikian, mesin 1.000cc dengan penambah tenaga itu masih terasa kurang sesuai untuk mobil keluarga. Sehingga, pihaknya melakukan riset untuk kendaraan yang menggunakan jenis mesin kecil.

"Kami memang masih melihat dulu perkembangannya. Jadi mengeluarkan sebuah mobil harus disesuaikan dengan target konsumennya," ucapnya.

Saat ini, ADM masih menawarkan mobil dengan kapasitas mesin kecil tersebut, yakni Ayla dan Sigra. Untuk model Ayla tersedia 10 varian bermesin 1.000cc dengan banderol Rp98,15 juta sampai Rp138,4 juta. Sementara Sigra hanya tersedia dua pilihan, D manual Rp114 juta dan M manual Rp124,4 juta.