DFSK Perlihatkan Mobil Pesaing Gran Max, Lebih Canggih

Mobil van listrik baru DFSK Gelora
Sumber :
  • Viva.co.id/ Pius Mali

VIVA – Dongfeng Sokon atau DFSK menjadi salah satu merek otomotif Tiongkok, yang menjajal peruntungannya di Tanah Air. Jajaran produknya saat ini, kendaraan niaga, serta mobil berperawakan gagah atau lebih dikenal sebagai sport utility vehicle (SUV).

Mobil niaga yang sudah dipasarkan, yakni pikap Super Cab yang mengusung mesin diesel turbo berkapasitas 1.300cc dan mesin bensin 1.500cc. Sementara produk SUV-nya ada dua, Glory 560 di segmen low dan Glory 580 di kelas menengah pasar otomotif Nasional.

Kini DFSK kembali menggoda masyarakat,,khususnya pengguna kendaraan niaga, dengan memperkenalkan mobil baru bernama Gelora, di pameran otomotif GIICOMVEC, di JCC, Senayan, Jakarta.

Menariknya, DFSK Gelora yang disebut-sebut sebagai kompetitor Daihatsu Gran Max itu bukan hanya mengadopsi mesin bensin konvensional, tetapi ada juga pilihan produk yang sudah memakai motor listrik sebagai jantung penggerak utamanya.

Baca juga: Suzuki Dandani Carry Pikap, Harganya Jadi Beda Rp5 juta

Chief Executive Officer PT Sokonindo Automobile, Alexander Barus mengatakan, tekad pemerintah untuk mempromosikan elektrifikasi kendaraan telah disampaikan secara tegas. Kami yakin ada prospek yang kuat akan perkembangan kendaraan listrik di Indonesia.

"Kami perkenalkan Gelora untuk masyarkat di Indonesia. Saat ini DFSK Gelora masih berstatus impor utuh atau CBU (compeletely built-up)," ucapnya, disela peluncuran DFSK Gelora di pameran GIICOMVEC, di JCC Senayan, di Jakarta Kamis 5 Maret 2020.

Dari perawakannya, Gelora memiliki perawakan panjang 4.500 milimeter, lebar 1.680 mm, dan tinggi 1.960 mm, serta beratnya 1.970 kilogram. Wujud mobil ini ada yang berupa van untuk mengangkut penumpang, maupun blind van yang biasa dipakai untuk mengangkut berbagai barang dan kebutuhan.

Untuk versi standar, DFSK Gelora menggendong mesin DDK15-06 berkapasitas 1.499cc dengan kombinas transmisi manual. Sementara tipe moderennya mengusung motor listrik yang bisa dipakai untuk melaju hingga jarak tempuh 300 kilometer.

Mobil Gelora yang menggunakan mesin konvensional, rencananya bakal dipasarkan di kisaran harga Rp185-189 juta untuk tipe minibus, serta Rp175-179 juta untuk versi blind van. Sementara Gelora versi listrik bakal dibanderol di kisaran Rp489-499 juta versi angkut penumpang, serta Rp469-479 juta versi tanpa kaca buta.