Muka Ayla Baru Terinspirasi dari Desain Mobil Kencang Daihatsu

Daihatsu Ayla turbo.
Sumber :
  • VIVA/Pius

VIVA – Pilihan mobil di segmen low cost green car atau LCGC kini semakin menggoda. Sebab, PT Astra Daihatsu Motor sebagai salah satu pemain di segmen tersebut, baru saja mendandani tampilan produk andalannya New Ayla.

Jika melihat sekilas saja, sudah bisa langsung terlihat mobil berperawakan mungil itu memiliki wajah baru di depan. Di samping, juga terpasang kaca spion baru yang lebih besar, dan di belakang ada lampu yang sama namun menggunakan mika transparan.

Ada 10 varian Ayla baru yang bisa dipilih pelanggan mobil merek Jepang tersebut. Banderol paling mahal mulai dari Rp101,65 juta, hingga versi termahal yang dilabeli harga Rp159,4 juta on the road Jakarta.

Menurut, Head of Styling Design Depatment ADM, Mark Widjaja mengatakan desain Ayla baru itu terinspirasi dari produk Ayla turbo, yakni sebuah mobil konsep bermesin turbo yang sempat tampil di pameran otomotif GIIAS 2018.

Baca juga: Beli Daihatsu Ayla Baru, Cukup Siapkan Uang Panjar Rp18 Jutaan

"Kami menerima banyak feedback dari konsumen, sangat positif terutama untuk desainnya. Jadi kosumen ingin kami mewujudkan desain mobilnya," ujarnya dalam video peluncuran di Youtube Daihatsu Sahabatku, dikutip VIVA, Kamis 19 Maret 2020.

Sayangnya, tak semua perangkat mobil kencang tersebut, termasuk mesin turbo bisa disematkan pada New Ayla model tahun 2020. Mark mengatakan, secara garis besar hanya bagian desainnya saja yang diaplikasikan pada mobil yang dijual untuk masyarakat.

"Tentu saja karena ini versi produksi, ada adjusment di sana-sini supaya tetap bisa dream come true. Jadi selama itu kami mengembangkan mobil ini," paparnya.

Untuk melengkapi penyegaran yang dilakukan pada bagian luar, Daihatsu juga menyematkan fitur-fitur baru pada new Ayla. Tak hanya itu, penahan laju alias rem konvensional, diganti menggunakan sistem rem anti kunci ABS dan EBD.

"Jadi kalau dilihat di dasbor, tidak ada kenop lagi karena isinya hanya tombol-tombol saja. Lalu ditambahkan juga sistem audio layar sentuh dengan kamera parkir, serta spion yang bisa dilipat secara elektrik," tuturnya.