Jangan Terkecoh, Mobil Keren Ini Bukanlah Jeep Klasik Asli

Mobil bergaya Jeep Wagoneer Klasik dari pabrikan Mitsuoka.
Sumber :
  • Paultan

VIVA â€“Bagi sebagian masyarakat, memiliki mobil klasik menjadi impian untuk mengulang kembali memori yang pernah terjadi di hidupnya. Meski demikian, harga kendaraan ini sering kali lebih mahal dari model-model baru, apalagi jika wujudnya masih seperti asli dari pabrikan.

Meski kondisinya terawat, tentu saja memelihara mobil klasik tak semudah model baru. Saat terjadi kerusakan, pemilik harus rela meluangkan waktu dan biaya untuk bisa mendapatkan komponen aslinya.

Keinginan pehobi otomotif untuk memiliki mobil lawas yang bebas perawatan, kini terjawab dengan adanya Mitsuoka. Merek otomotif Jepang ini, dikenal mampu menyulap mobil baru dengan penampilan klasik, dan pastinya menarik.

Produk terbarunya dari Mitsuoka diberi nama Buddy. Mobil ini aslinya adalah Toyota RAV4, yang bagian eksteriornya dirancang ulang sehingga menyerupai Jeep Grand Wagoneer lawas. Tersedia juga model Chevrolet K5 Blazer, dari basis kendaraan sama.

Seperti jajaran produk Mitsuoka lainnya, Buddy tak lagi terlihat seperti RAV4. Di bagian depannya ada grille besar berlapis krom, dengan dua lampu susun yang sangat identik dengan Jeep buatan Amerika. Tampilannya disempurnakan dengan bumper krom, fender, serta kap mesin yang dibuat ulang.

Bagian belakang Mitsuoka Buddy pun dirancang sehingga menyerupai Jeep dengan desain yang kaku, dengan kombinasi lampu LED, pintu bagasi baru, serta bumper berlapis krom khas mobil klasik. Tampilannya disempurnakan dengan pemakain pelek kaleng dengan penutup yang dibuat khusus.

Melansir dari Paultan, Rabu 2 Desember 2020, Mitsuoka hanya akan membuat 50 unit SUV bergaya klasik itu pada tahun 2021. Setelah itu, mobil yang sama akan dibikin sebanyak 150 unit di tahun 2022.

Meski berpenampilan klasik, mobil ini memakai jantung penggerak utuh dari Toyota RAV4, yakni mesin bensin empat silinder berkapasitas 2.000cc, dengan tenaga 169hp dan torsi 207Newtonmeter.

Interiornya pun masih memakai desain asli Toyota RAV4. Pabrikan ini hanya mengganti logo di lingkar kemudi, dengan tulisan 'Mitsuoka' sebagai identitas. Serta desain baru pada kursi pengemudi dan penumpangnya.

Untuk menebusnya, konsumen di Negeri Sakura harus menyiapkan dana paling sedikit 4,697 juta yen, atau setara Rp634 jutaan. Harga tersebut, lebih mahal daripada mobil Toyota RAV4 versi aslinya yang dibanderol mulai Rp2,74 jutaan, atau setara dengan Rp370 jutaan.

Baca juga: Diler Resmi Mazda di Jakarta Tak Lagi Beroperasi, Kenapa?