Auto2000 Digiroom Lebih dari Sekadar Jualan Mobil

Diler Auto2000
Sumber :
  • Auto2000

VIVA – Para pengguna setia mobil Toyota pasti sudah akrab dengan nama Auto2000. Perusahaan yang bergerak dalam bidang penjualan, perawatan, perbaikan, dan penyediaan suku cadang ini sudah beroperasi di Indonesia sejak 1975.

Kala itu, mereka masih menggunakan nama Astra Motor Sales, baru pada 1989 berubah nama menjadi Auto2000 dengan manajemen yang ditangani sepenuhnya oleh PT Astra International Tbk.

Selama 45 tahun, Auto2000 sangat memahami apa kebutuhan dari konsumen di Tanah Air. Mulai dari kemudahan dalam mendapatkan layanan perawatan berkala, tukar tambah kendaraan hingga jenis suku cadang atau onderdil yang dibutuhkan.

Photo :
  • VIVA/Pius Mali

Operation Manager Jawa Timur Plus Area PT Astra International Tbk - Toyota Sales Operation, Ardian Nur beberapa waktu lalu pernah mengatakan, bahwa ada ada satu kebiasaan orang Indonesia yang cukup unik, yakni ganti mobil setiap 3-4 tahun.

“Ada yang tiga, ada yang empat tahun. Jika dirata-rata, ya kurang lebih tiga tahun. Biasanya, mereka kalau sudah lunas langsung ganti mobil. Itu rata-rata 80 persen,” ujar pria yang pernah menjabat sebagai sebagai Operation Manager DKI II Auto2000 tersebut.

Dengan pola tersebut, maka perusahaan harus selalu update mengenai tren dan apa saja yang dibutuhkan oleh konsumen mereka. Termasuk, saat pandemi melanda di tahun ini.

Berbagai macam penghargaan yang diraih sejak 2006, seperti Indonesian Service Quality Award, Indonesia Best Brand Awards dan Toyota Awards, menunjukkan bagaimana Auto2000 benar-benar menjadikan pelanggan sebagai fokus utama layanan mereka.

Hal itu juga terlihat dari hadirnya Auto2000 Digiroom, yakni sebuah platform digital yang bisa dimanfaatkan oleh para pelanggan untuk mengakses semua layanan yang disediakan oleh perusahaan. Layanan ini diperkenalkan pertama kali pada Maret 2020.

Photo :
  • Auto2000

“Kemudahan dan kenyamanan bertransaksi dan menikmati layanan secara online, menjadi kebutuhan utama konsumen di Indonesia. Dari perspektif inilah, Auto2000 melakukan perbaikan untuk selalu memberikan kemudahan pada pelanggan,” ujar Chief Executive Auto2000, Martogi Siahaan, dikutip VIVA Otomotif Sabtu 12 Desember 2020.

Perusahaan mengubah tidak hanya tampilan, namun juga menambahkan fitur ala marketplace yang disediakan di laman www.auto2000.co.id. Jadi, pengunjung bisa mencari apa yang dibutuhkan dengan mudah, sama seperti saat mereka datang ke diler. Termasuk, memesan jadwal test drive.

Beberapa fitur yang tersedia seperti pembelian kendaraan baru, layanan perawatan berkala maupun servis, pembelian suku cadang, aksesori, dan juga tukar tambah melalui kerja sama dengan Astra Auto Trust. Ada juga asisten virtual Tasia, yang bisa membantu semua kebutuhan pelanggan.

Pelanggan juga tidak perlu repot datang ke bengkel untuk melakukan perawatan dan perbaikan. Sebab, sejak beberapa tahun lalu diler Toyota terbesar di Indonesia ini sudah memiliki armada THS – Auto2000 Home Service, dengan jumlah lebih dari 5 ribu unit di seluruh Indonesia.

"Lebih efisien pakai layanan home service, tidak perlu datang lagi ke bengkel. Ada fasilitas pengingat juga, jadi enggak pernah terlewat waktu servisnya,” tutur salah satu pengguna jasa Auto2000 Home Service, Achmad Nurrakhman.

Photo :
  • Auto2000

Layanan tersebut juga bisa didapatkan pelanggan melalui aplikasi smartphone Auto2000 Mobile. Selain melihat status perawatan dan perbaikan unit, konsumen juga bisa memanfaatkan fitur simulasi perhitungan pembiayaan untuk pembelian unit baru.

Terakhir dan tidak kalah penting, yakni adanya jasa perbaikan bodi dan pengecatan yang bisa menangani kerusakan ringan, sedang hingga berat. Auto2000 Bodi dan Cat juga menyediakan layanan super cepat, yaitu Express Bodi dan Cat yang hanya membutuhkan waktu 8 jam atau One Day Service.