Ada Mobil Hanyut di Kanal van Der Wijk

Mobil tercebur ke Kanal van Der Wijk di Sleman, Yogyakarta.
Sumber :
  • Tangkapan layar (Facebook Motuba)

VIVA – Sampai saat ini, masih ada beberapa peninggalan Belanda yang bersejarah di Indonesia. Salah satunya yakni Kanal van Der Wijk, atau yang saat ini dikenal dengan nama Buk Renteng.

Bangunan tersebut adalah saluran irigasi, yang lokasinya berada di Sleman, Yogyakarta. Keunikannya yakni berada di atas jalan, hal itu sengaja karena perancangnya ingin memanfaatkan gaya gravitasi untuk mengalirkan air ke persawahan di sekitar lokasi.

Kanal van Der Wijk memiliki panjang kurang lebih 17 kilometer, dan tingginya 4 meter dari tanah. Pada beberapa ruas terdapat terowongan, yang bisa dilewati oleh kendaraan.

Dilansir VIVA Otomotif dari laman Facebook Motuba, Rabu 1 September 2021, sebuah kecelakaan belum lama ini terjadi di bangunan bersejarah itu. Satu unit mobil jenis Daihatsu Luxio, tercebur dan hanyut sejauh beberapa meter.

Dari video yang diunggah, tampak kendaraan yang masuk dalam segmen multi purpose vehicle atau MPV itu kondisinya rusak di beberapa bagian. Bumpernya lepas dari dudukan, sementara kaca belakang terlihat pecah.

Menurut keterangan warganet, peristiwa itu bermula saat pemilik kendaraan hendak mencuci mobil di saluran irigasi itu. Kebetulan di salah satu ruas konturnya miring, sehingga banyak warga yang memanfaatkannya untuk berbagai keperluan.

Namun, tiba-tiba sesuatu terjadi dan mengakibatkan rem parkir tidak dalam kondisi terpasang. Mobil kemudian meluncur ke saluran yang dalamnya sekitar 2 meter itu.