Hasil AXCR 2022 Hari Ketiga: Mitsubishi Ralliart Nomor 1 dan Rifat Salip 4 Mobil

VIVA Otomotif: Tim Mitsubishi Ralliart di ajang AXCR 2022
Sumber :
  • Dok: Mitsubishi

VIVA Otomotif – Balapan reli lintas alam Asia Cross Country Rally atau AXCR 2022 pada Rabu kemarin memasuki hari ketiga, di mana para peserta harus saling adu cepat di lintasan kombinasi aspal dan tanah.

Lomba digelar di kawasan Bankruat, Thailand yang posisinya dekat dengan perbatasan Kamboja. Special Stage atau SS3 memiliki jarak 157,45 kilometer, dan didominasi oleh trek lurus di mana para pembalap bisa memacu kendaraan hingga kecepatan 100 kilometer per jam.

Dikutip dari keterangan resmi Mitsubishi Motors, Kamis 24 November 2022, Tim Mitsubishi Ralliart kembali menunjukkan dominasi melalui dua pembalap andalan mereka, yakni Rifat Sungkar dan Chayapon Yotha.

Pada SS3, Chayapon memacu mobil Mitsubishi Triton dengan stabil dan hati-hati supaya tidak mengalami kerusakan. Meski lawan-lawannya mengemudikan mobil dengan performa yang lebih tinggi, namun ia berhasil finis di urutan tujuh dan masih menduduki peringkat pertama di klasemen sementara.

VIVA Otomotif: Tim Mitsubishi Ralliart di ajang AXCR 2022

Photo :
  • Dok: Mitsubishi

Rifat yang tadinya sempat mengalami masalah pecah ban di hari sebelumnya, pada SS3 bisa memacu mobil pikap kabin ganda Triton dengan lebih cepat dan melewati empat mobil lawan.

Ia akhirnya melintasi garis finis di urutan empat, dan hal itu membuat posisinya di klasemen sementara naik dari peringkat delapan menjadi urutan lima.

“Rifat masih berada di posisi yang bagus untuk menantang lawan-lawannya, dan mereka berdua bisa memberikan performa baik,” ujar Direktur Tim Mitsubishi Ralliart, Hiroshi Masuoka.

Sebagai informasi, ajang AXCR 2022 memiliki kemiripan dengan Reli Dakar ini menghadirkan berbagai macam rintangan, mulai dari jalur berlumpur hingga pelosok hutan.

Peta rute baru dibagikan kepada peserta dua jam sebelum balapan dimulai, sehingga tersasar sudah menjadi hal yang biasa dialami oleh para pembalap.

Jenis kendaraan yang mengikuti kegiatan ini mulai dari sepeda motor, sespan, truk, sampai dengan mobil berpenggerak dua roda maupun empat roda.

Pesertanya datang dari berbagai negara, seperti Indonesia, Thailand, Vietnam, sampai dengan Jepang. Ajang ini sempat terhenti dua tahun, yakni di 2020 dan 2021 akibat pandemi.