Honda Brio Versi SUV, Bagaimana Tampangnya?

Honda Brio versi SUV. Ilustrasi
Sumber :
  • Motorbeam

VIVA.co.id - Kehadiran mobil-mobil jenis Sport Utility Vehicle atau SUV tampaknya semakin banyak saja jumlahnya di Indonesia. Tamppilannya yang gagah serta kemampuannya melewati genangan air membuat SUV banyak diminati oleh mereka yang tinggal di negara berkembang.

Sebagai salah satu pemain besar kendaraan beroda empat, Honda juga terus mengembangkan varian baru SUV pada beberapa lini produk mereka. Setelah resmi menghadirkan generasi terbaru CR-V dan HR-V di Indonesia, kini tampaknya produsen asal jepang tersebut akan mulai menggarap mobil kelas citycar untuk dijadikan bentuk SUV.

Dilansir dari situs Motorbeam, Rabu 21 Januari 2015, impian Honda ini akan segera diwujudkan melalui tipe Brio. Mobil kecil lima penumpang ini dikabarkan akan mengusung bodi yang lebih tinggi. Desainnya akan diadopsi dari tipe CR-V, namun tetap mempertahankan ciri khas Brio.

Dikabarkan mobil dengan panjang 3,6 meter ini akan dibuat sedikit lebih panjang, namun tetap di bawah empat meter, agar tidak bersaing langsung dengan kakak-kakaknya. Jika nanti resmi meluncur, Brio SUV ini akan bersaing langsung dengan Ford EcoSport dan Datsun Redi-Go yang dikabarkan juga akan segera hadir.

Untuk mesin, tampaknya Honda masih akan mempertahankan kapasitas mesin 1.200cc yang dapat menghasilkan tenaga sebesar 88 daya kuda. Mesin ini dianggap masih mumpuni untuk melintasi jalur dalam kota, yang memang menjadi target pemasaran Brio.

Honda akan pertama kali memajang Brio versi SUV ini pada gelaran Tokyo Motor Show, Oktober 2015 mendatang. Setelah itu, mereka akan mulai memasarkan mobil ini di beberapa negara Asia. Di India, Brio SUV dikabarkan akan mulai tersedia awal tahun depan, dengan harga diperkirakan delapan ribu Rupee, atau sekitar Rp162 juta.

Bila masuk ke Indonesia, entah apakah harga ini akan sama seperti Brio versi hatchback atau tidak, mengingat harga Brio di Indonesia mencapai Rp190 juta untuk versi tertingginya. (adi)

Baca juga: