Wow, Honda Bakal Hadirkan Brio Satya Matik

sorot mobil pedesaan - Mobil Murah di IIMS 2013
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id - Berita mengenai mobil murah ramah lingkungan (low cost green car atau LCGC) memang selalu menarik untuk disimak. Dengan harga yang terjangkau, mobil ini menyasar segmen mereka yang hendak beralih dari sepeda motor.

Honda Civic Hatchback Terbaru 'Mendarat' di GIIAS 2016

Berita terbaru mengenai LCGC datang dari Honda. Berdasarkan penelusuran VIVA.co.id di laman resmi Kementerian Perindustrian, Rabu, 3 Februari 2016, PT Honda Prospect Motor (HPM) baru-baru ini mendaftarkan mobil LCGC baru.

Saat ini HPM memang hanya memiliki satu mobil LCGC saja, yaitu Brio Satya. Mobil lima penumpang ini hadir dalam satu varian transmisi saja, yaitu manual.

Besok, Mobil Murah 7 Penumpang Toyota-Daihatsu Meluncur

Nah, mobil baru yang didaftarkan HPM adalah Brio Satya bertransmisi matik. Sebelumnya, tipe Brio yang memakai transmisi matik adalah Brio nonLCGC.

Uniknya, dalam surat pendaftaran tertulis, bahwa jenis matik yang digunakan adalah continuous variable transmission atau CVT. Tipe matik ini banyak dipakai oleh pabrikan otomotif, karena bisa memindahkan gigi dengan halus.

Mobil Murah Tak Lagi Murah, Apa Tanggapan Gaikindo?

Sayangnya, belum diketahui pasti apakah nanti harganya akan melambung tinggi, mengingat selisih harga transmisi manual dan matik bisa mencapai belasan juta rupiah.

Seperti yang diketahui, pemerintah memiliki aturan khusus mengenai LCGC, saah satunya adalah membatasi harga jual, agar tetap terjangkau oleh sebagian besar masyarakat.

Saat ini, Brio Satya dijual dengan harga Rp118,9-129,9 juta. Sementara Brio nonSatya bertransmisi matik dibanderol Rp150,6-158,6 juta.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya